Timnas Indonesia Vs Vietnam di SEA Games 2021: Tuan Rumah Tertekan, Jangan Lengah Garuda Muda!

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 06 Mei 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 17:15 WIB
Park Hang-seo
Perbesar
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, menyebut anak-anak asuhnya berada dalam situasi tertekan lantaran harus mempertahankan gelar juara di cabor sepak bola SEA Games 2021. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo menyebut anak-anak asuhnya berada dalam situasi tertekan jelang laga perdana SEA Games 2021 kontra Timnas Indonesia U-23 yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Viet Tri pada Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Seperti yang telah diketahui, Timnas Vietnam menyandang status sebagai tuan rumah sekaligus juara bertahan cabor sepak bola di ajang olahraga multievent tersebut. Tak heran jika tuntutan mempertahankan gelar juara menjadi faktor yang memengaruhi psikologis skuad The Golden Star sebelum menghadapi pertandingan.

“SEA Games tahun ini diadakan di Vietnam dan kami adalah juara bertahan. Saya tahu bahwa masyarakat Vietnam berharap banyak dari kami,” ujar Park Hang-seo pada Kamis (5/5/2022) lalu seperti dilansir dari Soha.vn, Jumat (6/5/2022).

“Saya pikir para pemain berada di bawah tekanan (karena hal itu). Akan tetapi, kami akan mencoba (memberikan) yang terbaik dan membawa kebahagiaan bagi banyak orang,” pungkas sang juru taktik berusia 64 tahun.

Meski demikian, media Vietnam TheThao247 meyakini Timnas Indonesia U-23 bukan lawan yang terlalu sulit untuk dikalahkan oleh skuad besutan Park Hang-seo. Pasalnya, Vietnam tercatat telah dua kali menekuk Indonesia di SEA Games 2019, yang berujung pada keberhasilan The Golden Star menjadi kampiun cabor sepak bola edisi tersebut.

“Dalam SEA Games ke-30, selain unggul 2–1 di babak penyisihan grup, Timnas Vietnam U-23 juga menghancurkan Indonesia dengan 3–0 di final,” tulis TheThao247 melalui pemberitaannya yang diunggah pada Jumat (6/5/2022).

“Dari segi kekuatan, Timnas Indonesia U-23 berada di posisi yang kurang menguntungkan dibanding kami. Tim tamu tidak akan mendapat bantuan dari dua pilar, Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott, karena kedua pemain tidak bisa datang tepat waktu,” sambung media itu.


Amunisi Khusus

Timnas Indonesia U-23 latihan di Vietnam. (PSSI).
Perbesar
Timnas Indonesia U-23 saat menjalani sesi latihan di Vietnam. (dok. PSSI).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memang telah menyiapkan amunisi khusus untuk mencegah kekalahan timnya dari skuad tuan rumah. Sang juru taktik Korea Selatan memboyong sejumlah pemain yang berbasis di luar negeri demi memperkuat barisan Skuad Garuda.

Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FK Senica), dan Saddil Ramdani (Sabah FC) bakal menjadi andalan Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam. Namun, seperti yang diungkapkan oleh TheThao247, Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) belum bisa bergabung dengan pasukan Merah Putih.

“Pemain dalam kondisi bagus dan siap bekerja keras menghadapi Vietnam. Kami harap pemain bisa fokus, disiplin, dan berjuang maksimal demi meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang laga perdana SEA Games 2021.

“Sejak saya melatih Indonesia, sudah dua kali (kami) menghadapi Vietnam. Secara kemampuan Vietnam adalah tim yang bagus, apalagi ada senior saya yang melatih (Park Hang-seo). Akan tetapi, performa kami makin meningkat, ditambah pemain-pemain yang bermain di luar negeri,” pungkas pelatih berusia 51 tahun tersebut, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.


Duo Pelatih Korea

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong - Kualifikasi Piala Dunia 2022
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam laga melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam WIB. (foto: PSSI)

Tak hanya ramai dibahas oleh para pecinta sepak bola Asia Tenggara, pertarungan Timnas Indonesia kontra Vietnam di SEA Games juga sukses menyedot perhatian media Korea Selatan, Best Eleven. Pasalnya, laga tersebut bakal mempertemukan dua pelatih asal Negeri Ginseng, yang sama-sama dikenal bertangan dingin.

“Dalam (cabang olahraga) sepak bola SEA Games, penggemar akan menyaksikan (pertarungan) dua pelatih terkenal Korea. (Itu merupakan) bentrokan antarnegara,” tulis Best Eleven, seperti dilansir dari Soha.vn.

“Park Hang-seo yang memimpin Timnas U-23 Vietnam sekali lagi akan menghadapi Shin Tae-yong bersama Timnas U-23 Indonesia. Sebelumnya, mereka sempat bertemu di babak penyisihan grup Piala AFF 2020 dan bermain imbang 0–0. Kali ini, pertemuan kedua tim diperkirakan bakal sangat menarik,” sambung media tersebut.

Best Eleven juga membahas gaya permainan Shin Tae-yong dan Park Hang-seo di masing-masing skuad. Menurutnya, kedua pelatih menerapkan style dan pondasi serupa kala melatih Timnas Indonesia dan Vietnam.

“Kedua tim mengusung gaya pemainan yang sama, dengan pondasi fisik yang bagus. Ketika berkarier di K-League, Park Hang-seo terbukti lebih dirugikan (oleh gaya permainan itu) ketimbang Shin Tae-yong,” beber Best Eleven.

“Namun, Park Hang-seo berada di atas angin bersama tim nasional. Skuad U-23 Vietnam yang ditukangi oleh Park telah berkali-kali mengalahkan Timnas Indonesia U-23,” sambung majalah sepak bola Korea Selatan itu, dilansir dari Soha.vn.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya