Sukses

SEA Games 2021: Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Media Korea Soroti Pertemuan Kedua Pelatih

Media Korea Selatan, Best Eleven, turut menyoroti laga perdana SEA Games 2021 antara Timnas Indonesia melawan Vietnam yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (6/5/2022). Pasalnya, laga tersebut akan mempertemukan duo pelatih bertangan dingin asal Korea, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo.

Liputan6.com, Jakarta Majalah sepak bola Korea Selatan, Best Eleven, ikut menyoroti bigmatch perdana antara Timnas Indonesia U-23 melawan tuan rumah Vietnam dalam perhelatan SEA Games 2021 yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Perjumpaan Skuad Garuda dan The Golden Star memang kerap menjadi topik hangat di Negeri Ginseng. Pasalnya, laga tersebut akan mempertemukan duo pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong dan Park Hang seo, yang sama-sama dikenal bertangan dingin.

Seperti yang telah diketahui, Timnas Indonesia perlahan mulai menunjukkan peningkatan performa sejak ditukangi oleh Shin Tae-yong pada 2019. Prestasi terbaru yang dicatatkan Skuad Garuda adalah keluar sebagai runner up Piala AFF 2020.

Sementara itu, Vietnam di bawah asuhan Park Hang-seo juga sukses menjadi salah satu kekuatan terbaik Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dari keberhasilan The Golden Star menyabet gelar Piala AFF 2018 dan menggondol medali emas di SEA Games 2019.

“Dalam (cabang olahraga) sepak bola SEA Games, penggemar akan menyaksikan (pertarungan) dua pelatih terkenal Korea. (Itu merupakan) bentrokan antarnegara,” tulis Best Eleven, seperti dilansir dari laporan Soha.vn yang diunggah pada Rabu (4/5/2022) lalu.

“Park Hang-seo yang memimpin Timnas U-23 Vietnam sekali lagi akan menghadapi Shin Tae-yong bersama Timnas U-23 Indonesia. Ini menjadi pertandingan kunci yang memengaruhi kemampuan keduanya untuk melanjutkan (kompetisi).”

“Sebelumnya, mereka sempat bertemu di babak penyisihan grup Piala AFF 2020 dan bermain imbang 0–0. Kali ini, pertemuan kedua tim diperkirakan bakal berjalan sangat menarik,” sambung media tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Permainan

Best Eleven juga turut membahas gaya permainan Shin Tae-yong dan Park Hang-seo di masing-masing skuad. Menurutnya, kedua pelatih menerapkan style dan pondasi serupa kala melatih Timnas Indonesia dan Vietnam.

“Kedua tim mengusung gaya pemainan yang sama, dengan pondasi fisik yang bagus. Namun, ketika berkarier di K-League, Park Hang-seo terbukti lebih dirugikan (oleh gaya permainan itu) ketimbang Shin Tae-yong,” beber Best Eleven.

“Dari 2009 hingga 2012, mereka bertemu di total 10 pertandingan. Shin Tae-yong yang memimpin Seongnam memenangkan 8 pertandingan. Satu (laga) sisanya berakhir imbang, dan 1 lagi berujung kekalahan kala melawan Jeonnam dan Sangju di bawah asuhan Park Hang-seo.”

“Namun, Park Hang-seo berada di atas angin bersama tim nasional. Skuad U-23 Vietnam yang ditukangi oleh Park telah berkali-kali mengalahkan Timnas Indonesia U-23,” sambung majalah sepak bola Korea Selatan itu, dikutip dari Soha.vn.

Shin Tae-yong tak menampik kualitas The Golden Star di bawah asuhan rekan senegaranya. Pelatih berusia 51 tahun tersebut juga mengakui bahwa Vietnam merupakan tim yang kuat.

“Sejak saya melatih Indonesia, sudah dua kali (kami) menghadapi Vietnam. Secara kemampuan Vietnam adalah tim yang bagus, apalagi ada senior saya yang melatih (Park Hang-seo),” ujar Shin jelang laga perdana SEA Games seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukanlah kali pertama Timnas Indonesia ditantang Vietnam di ajang olahraga multievent terbesar se-Asia Tenggara. Pasukan Merah Putih tercatat telah 13 kali bersua dengan The Golden Star sepanjang pelaksanaan SEA Games.

Dari sejumlah pertandingan tersebut, hanya lima di antaranya yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia. Enam pertemuan lain berpihak pada penggawa Vietnam. Sementara itu, dua sisanya berakhir imbang.

Pertemuan teranyar Timnas Indonesia dan Vietnam di kompetisi ini tersaji dalam SEA Games 2019. Kala itu, Skuad Garuda bertarung dengan The Golden Star di babak final, yang berujung pada kekalahan 0–3 bagi kubu Indonesia.

Alhasil, Timnas Vietnam mengeklaim medali emas keduanya di cabang olahraga sepak bola SEA Games, usai terakhir kali keluar sebagai kampiun pada edisi 1959.

Demi mencegah terjadinya kekalahan serupa, Shin Tae-yong telah menyiapkan amunisi khusus. Pelatih asal Korea Selatan tersebut memboyong sejumlah pemain yang berbasis di luar negeri untuk memperkuat barisan Skuad Garuda.

Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FK Senica), dan Saddil Ramdani (Sabah FC) menjadi andalan Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam. Adapun Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) belum bergabung, sementara Pratama Arhan (Tokyo Verdy) tidak masuk skuad.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Selain Vietnam, Timnas U-23 Indonesia juga harus bersaing melawan Myanmar, Filipina, dan Timor Leste di Grup A. Dua tim terbaik akan lolos ke semifinal. Melihat komposisi persaingan, Vietnam dan Indonesia difavoritkan untuk berebut predikat juara grup. Berikut jadwal pertandingan Indonesia di SEA Games 2021.

Jumat, 6 Mei 2022

19.00 WIB: Vietnam vs Indonesia

Senin, 10 Mei 2022

19.00 WIB: Indonesia vs Timor Leste

Jumat, 13 Mei 2022

16.00 WIB: Filipina vs Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

16.00 WIB: Indonesia vs Myanmar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.