Timnas Indonesia Hadapi Vietnam di SEA Games 2021, Intip Rekor Pertemuan Kedua Tim

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 06 Mei 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 14:30 WIB
Timnas Indonesia U-23
Perbesar
Timnas Indonesia U-23 bakal berhadapan dengan Vietnam di laag pembuka SEA Games 2021 pada Jumat (6/5/2022) malam WIB. (dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi ujian berat di laga pembuka SEA Games 2021. Skuad Garuda dijadwalkan bersua dengan tuan rumah Vietnam dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Viet Tri pada Jumat (6/5/2022).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengincar hasil apik di laga ini. Pasalnya, Pasukan Merah Putih telah mengalami puasa gelar di cabang olahraga sepak bola sejak SEA Games 1991. Prestasi terbaiknya adalah tembus ke final edisi lalu.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia kala itu dihadang oleh The Golden Star. Skuad Garuda menyerah 0–3 dalam pertarungan partai puncak yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Filipina pada Selasa (10/12/2019). Alhasil, Timnas Vietnam mengeklaim gelar keduanya sepanjang sejarah pelaksanaan SEA Games.

Demi mencegah terjadinya situasi serupa, Shin Tae-yong telah menyiapkan amunisi khusus. Pelatih asal Korea Selatan itu bakal memboyong sejumlah pemain yang berbasis di luar negeri untuk memperkuat barisan Skuad Garuda.

Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FK Senica), dan Saddil Ramdani (Sabah FC) bakal menjadi andalan Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam. Adapun Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) belum bergabung, sementara Pratama Arhan (Tokyo Verdy) tidak masuk skuad.

“Pemain dalam kondisi bagus dan siap bekerja keras menghadapi Vietnam. Kami harap pemain fokus, disiplin, dan berjuang maksimal demi meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang laga.

“Sejak saya melatih Indonesia, sudah dua kali (kami) menghadapi Vietnam. Secara kemampuan Vietnam adalah tim yang bagus, apalagi ada senior saya yang melatih (Park Hang-seo). Namun, performa kami makin naik dan ditambah pemain-pemain yang bermain di luar negeri,” pungkas pelatih berusia 51 tahun tersebut, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.


Bertemu 13 Kali di SEA Games

Foto: Fokus Bertahan, Timnas Indonesia Buat Vietnam Frustrasi dan Gigit Jari usai Hasil Imbang Tanpa Gol di Matchday Ketiga Piala AFF 2020
Perbesar
Pertahanan Timnas Indonesia di Piala AFF, yang digalang bek kanan Asnawi Mangkualam sebagai kapten tim usai Evan Dimas dicadangkan, mampu membuat Vietnam sebagai juara bertahan frustrasi. (Dok. PSSI)

Timnas Vietnam memang bisa disebut sebagai salah satu rival abadi Skuad Garuda. Kedua tim kerap kali berhadapan di sejumlah turnamen internasional. Sepanjang sejarah pelaksanaan SEA Games saja, Pasukan Merah Putih tercatat telah 13 kali bersua dengan The Golden Star.

Dari sejumlah pertemuan tersebut, hanya lima di antaranya yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia. Enam pertandingan lain berpihak pada penggawa Vietnam. Sementara itu, dua sisanya berakhir imbang.

Pertemuan perdana Indonesia vs Vietnam di SEA Games tersaji pada edisi 1991. Skuad Garuda kala itu mengemas kemenangan tipis 1–0 berkat gol semata wayang dari Robby Darwis. Tren positif Indonesia di SEA Games 1991 terus berlanjut, hingga Pasukan Merah Putih keluar sebagai kampiun cabang olahraga sepak bola.

Timnas Indonesia kembali berhadapan dengan Vietnam di SEA Games edisi selanjutnya, yakni pada tahun 1993. Perjumpaan tersebut berbuah manis bagi pasukan Indonesia. Skuad Garuda menang 1–0 berkat lesakan dari Taufik Yunus.

Kemenangan pertama Vietnam atas Timnas Indonesia baru diraih di SEA Games 1995 yang berlangsung di Thailand. The Golden Star berhasil membungkam Skuad Garuda dengan 1–0, sebelum keduanya bermain imbang 2–2 dalam SEA Games 1997 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.


Catatan Apik Vietnam

Garuda Muda Kembali Tumbang
Perbesar
Bek Timnas Indonesia U-23, Zalnando, terlihat lesu melewati beberapa pemain Vietnam saat laga perebutan tempat ketiga Sepak Bola SEA Games 2015 di National Stadium Singapura, Senin (15/6/2015). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Vietnam kembali menorehkan catatan apik usai menekuk Indonesia di SEA Games edisi 1999. Dalam pertarungan yang berlangsung di Brunei Darussalam itu, The Golden Star unggul 1–0 berkat gol Nguyen Hong Son di menit ke-70.

Skuad Garuda membalas kekalahan dalam SEA Games 2001 di Malaysia dengan kemenangan tipis 1–0. Tak mau ketinggalan, The Golden Star yang berstatus sebagai tuan rumah SEA Games 2003 kembali mengimbangi rekor kemenangan atas Indonesia.

Kekalahan paling memalukan Timnas Indonesia dari Vietnam terjadi di SEA Games 2015. Pasukan Garuda dibantai The Golden Star dengan 5–0 dalam laga perebutan medali perunggu yang dihelat di National Stadium pada Senin (15/6/2015) siang WIB.

Vietnam memang tampil menekan sejak awal pertandingan kala itu. Vo Huy Toan dan kawan-kawan bahkan telah unggul 4–0 di penghujung babak pertama.

Skor kembali bertambah bagi kubu Vietnam usai Do Duy melepaskan tendangan voli yang dibelokkan oleh Que Ngoc Hai pada menit ke-70. Kedudukan 5–0 tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.


Rekor Pertemuan

Berikut rekor pertemuan lengkap Timnas Indonesia dengan Vietnam sepanjang sejarah pelaksanaan SEA Games.

SEA Games 1991: Indonesia (1) vs Vietnam (0)

SEA Games 1993: Indonesia (1) vs Vietnam (0)

SEA Games 1995: Indonesia (0) vs Vietnam (1)

SEA Games 1997: Indonesia (2) vs Vietnam (2)

SEA Games 1999: Indonesia (0) vs Vietnam (1)

SEA Games 2001: Indonesia (1) vs Vietnam (0)

SEA Games 2003: Indonesia (0) vs Vietnam (1)

SEA Games 2005: Indonesia (1) vs Vietnam (0)

SEA Games 2011: Indonesia (2) vs Vietnam (0)

SEA Games 2015: Indonesia (0) vs Vietnam (5)

SEA Games 2017: Indonesia (0) vs Vietnam (0)

SEA Games 2019: Indonesia (1) vs Vietnam (2)

SEA Games 2019: Indonesia (0) vs Vietnam (3)

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Perbesar
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya