Sukses

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah Rebut Medali Emas dan Pecahkan Rekor Dunia

Rizki Juniansyah menyabet tiga medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 dan juga mempertajam rekor dunia miliknya.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia kembali mendapat kabar baik dari Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 atau IWF Junior World Championship yang berlangsung di Heraklios, Yunani. Pada Jumat (6/5/2022) dini hari WIB, lifter Rizki Juniansyah sukses menjadi juara dunia junior kelas 73 kg.

Rizki Juniansyah mampu menyabet tiga medali emas kelas 73 kg. Tak sekadar meraih gelar juara dunia angkat besi, lifter asal Banten itu juga berhasil mempertajam rekor dunia pada angkatan snatch atas namanya sendiri. Pada kejuaraan dunia junior tahun lalu di Uzbekistan angkatan snatch Rizki mencapai 155 kg, kini menjadi 156 kg.

Sementara di angkatan clean and jerk, Rizki juga berhasil mengungguli lawan-lawannya dengan angkatan tertinggi yakni 185 kg. Total angkatan Rizki adalah 341 kg. Dia unggul jauh dibanding rival-rivalnya.

Medali perak di kelas ini diraih lifter Kazakhstan, Alexey Churkin dengan angkatan snatch seberat 146 kg, 183 kg clean and jerk, serta total angkatan seberat 329 kg.

Sedangkan perunggu diraih lifter Amerika Serikat, Henry Ryan Grimsland dengan angkatan snatch seberat 145 kg, angkatan clean and jerk seberat 182 kg, dan total angkatan 327 kg.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Diprediksi

Keberhasilan Rizki Juniansyah memecahkan rekor dunia pada angkatan snatch sudah diprediksi sebelum berangkat menuju Yunani. Dalam latihan di Pelatnas, angkatan snatch Rizki terbiasa mengangkat beban seberat itu.

"Saya memang hanya menaikkannya satu kilo saja. Karena saya tidak mau terlalu 'ngoyo'. Mengingat, jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia, " ujar Rizki Juniansyah dalam keterangan tertulis PB PABSI.

3 dari 3 halaman

Modal SEA Games

Keberhasilan di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 ini menjadi modal bagus Rizki untuk merebut medali emas di SEA Games 2021 yang akan dimulai pertengahn Mei ini. Kabid Binpres, PB. PABSI, Hadi Wihardja menilai Rizki Juniansyah berpeluang untuk meraih emas di ajang SEA Games Vietnam 2021.

"Kemungkinan ia akan naik kelas di ajang SEA Games nanti. Mengingat, ia dan Rahmat Erwin Abdullah berada di kelas yang sama. Tidak mungkin, Rizki dan Rahmat bertarung di kelas yang sama di SEA Games nanti," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.