Sukses

AS Gantikan Selandia Baru di Piala Thomas 2022

Amerika Serikat bakal tampil di Piala Thomas 2022. Negeri Paman Sam menggantikan Selandia Baru yang mengundurkan diri, Rabu (4/5/2022).

Liputan6.com, Bangkok - Amerika Serikat bakal tampil di Piala Thomas 2022. Negeri Paman Sam menggantikan Selandia Baru yang mengundurkan diri, Rabu (4/5/2022).

AS masuk Grup D bersama Jepang, Malaysia, dan Inggris. Mereka merespon permintaan Organisasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang ingin memenuhi kuota.

BWF sebelumnya menawarkan tempat ke tim Oceania lain, tapi tidak ada yang memenuhi. Hong Kong dan Spanyol kemudian dihubungi berdasar peringkat dunia. Tapi, keduanya juga menolak.

Posisi kosong tercipta karena sejumlah pemain Selandia Baru terpapar virus SARS-CoV-2. Kondisi tersebut membuat mereka kesulitan mengirim tim.

"Pada Kejuaraan Oceania, beberapa pemain positif Covid-19. Absennya mereka membuat skuat kehilangan personel. Apalagi ada skenario kasus bertambah setelah perjalanan ke Thailand," tulis keterangan resmi Asosiasi Bulu Tangkis Selandia Baru.

"Maka kami harus mengambil keputusan sulit. Mempertimbangkan seluruh faktor, dan mengedepankan kesehatan pemain, kami mundur."

Selandia Baru terakhir kali tampil di Piala Thomas pada 2016. Kala itu mereka menduduki posisi 9-12. Sedangkan AS teranyar mengikuti Piala Thomas edisi 2012. Mereka juga berada di urutan 9-12.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambisi Indonesia

Piala Thomas dan Uber 2022 berlangsung di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei mendatang. Indonesia berambisi mempertahankan gelar Piala Thomas. 

Sebanyak 24 atlet putra dan putri dipilih untuk mengisi tim. Masing-masing tim Thomas dan Uber terdiri dari lima pemain tunggal dan tujuh pemain ganda. Salah satu nama besar yang absen adalah Marcus Fernaldi Gideon, rekan Kevin Sanjaya Sukamuljo. 

Perubahan di skuat Piala Thomas terjadi alasan cedera dan persiapan SEA Games 2021. Meski begitu, PBSI tetap mencanangkan target mempertahankan gelar.

"Untuk tim Thomas memang ada sedikit perubahan dibandingkan tahun lalu. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Chico Aura Dwi Wardoyo akan difokuskan ke SEA Games sementara Marcus masih dalam tahap pemulihan pasca operasi," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky.

"Jadi kami ganti dengan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Perkasa Belawa. Kami juga masukkan Tegar Sulistio untuk pengalaman dia ke depan. Tapi walau begitu, kualitas tim Thomas tetap sama dan yakin bisa mempertahankan gelar," lanjutnya.

Sementara di Piala Uber, PBSI hanya mempertahankan Nita Violina Marwah dan Jesita Putri Miantoro yang mengisi skuat sebelumnya. Sisanya adalah pemain-pemain muda debutan.

"Di tim Uber semua adalah pemain muda. Ini adalah kesempatan buat mereka untuk menguji kemampuan. Jadi ini bukan asal pilih tapi saya sudah koordinasi dengan pelatihnya melihat performa di latihan mereka memang sudah layak," ujar Rionny.

"Untuk fase grup saya percaya mereka bisa melaluinya dan saya berharap mereka bisa melaju ke semifinal dan menciptakan kejutan. Harapan saya semua bisa bermain maksimal baik tim Thomas maupun tim Uber," harap Rionny.

3 dari 4 halaman

Anggota Tim Indonesia

Tim Piala Thomas

1. Anthony Sinisuka Ginting

2. Jonatan Christie

3. Shesar Hiren Rhustavito

4. Syabda Perkasa Belawa

5. Tegar Sulistio

6. Kevin Sanjaya Sukamuljo

7. Mohammad Ahsan

8. Hendra Setiawan

9. Fajar Alfian

10. Muhammad Rian Ardianto

11. Bagas Maulana

12. Muhammad Shohibul Fikri

 

Tim Piala Uber

1. Komang Ayu Cahya Dewi

2. Aisyah Sativa Fatetani

3. Bilqis Prasista

4. Tasya Farahnailah

5. Siti Sarah Azzahra

6. Nita Violina Marwah

7. Febriana Dwipuji Kusuma

8. Amalia Cahaya Pratiwi

9. Jesita Putri Miantoro

10. Lanny Tria Mayasari

11. Tryola Nadia

12. Melani Mamahit 

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Piala Thomas

Grup A: Indonesia, Korea Selatan, Thailand, Singapura

Grup B: Denmark, China, Prancis, Aljazair

Grup C: Chinese Taipei, India, Jerman, Kanada

Grup D: Jepang, Malaysia, Inggris, Amerika Serikat

 

Piala Uber

Grup A: Jepang, Indonesia, Prancis, Jerman

Grup B: China, Chinese Taipei, Spanyol , Australia

Grup C: Thailand, Denmark, Malaysia, Mesir

Grup D: Korea Selatan, India, Kanada, Amerika Serikat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.