Sukses

Declan Rice Kemahalan, Manchester United Incar Gelandang Southampton

Manajer baru Manchester United Erik ten Hag telah diberi lampu hijau untuk mengontrak gelandang Southampton James Ward-Prowse. Pemain berusia 27 tahun itu dikenal sebagai ahli bola mati.

Liputan6.com, Manchester - Manajer permanen baru Manchester United Erik ten Had dikabarkan sudah mendapatkan dukungan untuk mengontrak James Ward-Prowse. Gelandang Southampton itu bisa didatangkan pada musim panas ini.

Seperti dilansir Metro, Ten Hag berniat meningkatkan opsi pemainnya di lini tengah. Pelatih asal Belanda tersebut telah menyusun daftar pemain yang potensial untuk direkrut MU menjelang kepindahannya ke Old Trafford.

James Ward-Prowse nampaknya masuk dalam list kandidat Ten Hag. Dia telah membukukan lebih dari 300 penampilan di Liga Inggris bersama Southampton. Pemain berusia 27 tahun tersebut juga mulai dikaitkan dengan kepindahan ke Man Utd dalam beberapa waktu terakhir.

Setan Merah sejatinya sempat menyatakan minatnya untuk memboyong bintang West Ham United Declan Rice. Tetapi, klub yang bermarkas di London Stadium itu menginginkan lebih dari 150 juta pound atau sekitar Rp 2,7 triliun sebagai ganti kepergian pemain bintangnya.

Biaya tersebut bukanlah angka yang kecil bagi MU. Di sisi lain, Ward-Prowse hanya dihargai sekitar 75 juta pound oleh Southampton. Tak heran jika pemain timnas Inggris tersebut dapat dijadikan sebagai rekrutan alternatif oleh Setan Merah.

Ward-Prowese merupakan sosok yang tak kalah mengesankan. Ia terkenal berkat kemampuanya mencetak gol lewat tendangan bebas.

Pesepak bola berusia 27 tahun tersebut bahkan telah mengoleksi 14 gol tendangan bebas di Liga Inggris. Catatan ini membuatnya hanya terpaut empat angka dari legenda David Beckham, yang menyandang predikat sebagai pencetak gol tendangan bebas terbanyak dengan torehan 18 gol.

Sebagai informasi, Manchester United tengah mengalami musim tanpa trofi. Mereka terlempar ke posisi enam klasemen sementara Liga Inggris. Kedatangan Ten Hag diharapkan bisa membawa perubahan signifikan bagi skuad MU. Apalagi, pria berkepala plontos itu juga telah menargetkan sejumlah pemain untuk diboyong ke Old Trafford musim depan.

Simak klasemen Liga Inggris di halaman berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ahli Bola Mati

Mantan striker Chelsea Tony Cascarino mendukung penilaian Erik ten Hag terhadap James Ward-Prowse. Ia menyebut sang pemain merupakan sosok yang lebih dari sekadar spesialis bola mati.

"Sangat menarik melihat James Ward-Prowse dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United," kata Cascarino kepada The Times, seperti dilansir dari Metro.

"Di usia 27 tahun, gelandang Southampton ini memasuki masa-masa puncak dalam kariernya. Jika ia tidak puas menjadi pemain di suatu klub, sekarang mungkin saatnya untuk (mengambil) langkah besar."

"Ward-Prowse (merupakan pemain yang) jauh lebih dari sekadar ahli bola mati. Ia cemerlang dalam menjaga bola dan membantu timnya mendikte permainan," ujar Cascarino.

Cascarino juga mengaku tak heran jika Erik ten Hag tertarik memakai jasa Ward-Prowse di Old Trafford musim depan. "Saya bisa mengerti mengapa Erik ten Hag mungkin (akan) menyukainya (Ward-Prowse)," ungkap eks pemain berusia 59 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Tanggapan Ward-Prowse

James Ward-Prowse juga sempat buka suara soal masa depannya bersama Southampton. Pemain kelahiran Inggris ini nampaknya masih asing dengan spekulasi yang melibatkan dirinya dan klub besar lain.

"Ini pertama kalinya saya menghadapi spekulasi semacam itu, jadi ini merupakan tantangan yang berbeda," kata Ward-Prowse pada musim panas lalu, seperti dilansir dari Manchester Evening News, Selasa (3/5/2022) lalu.

"Saya juga tengah mencoba untuk pulih dari cedera lutut kala itu, jadi saya mengalami beberapa kendala di masa-masa penting musim itu."

"Saat itu, tak ada hal yang perlu dipikirkan bagi saya. Saya sangat senang berada di sini (di Southampton); menjadi bagian dari klub ini benar-benar istimewa. Saya senang dan sangat bangga melanjutkan perjalanan ini," ujarnya lagi.

4 dari 5 halaman

Striker Baru

Tak hanya memperkuat lini tengah, Erik ten Hag juga berencana mendatangkan striker baru musim depan. Pasalnya, Edinson Cavani bakal kehabisan kontrak pada akhir musim. Masa depan Marcus Rashford dan Cristiano Ronaldo juga masih abu-abu.

Juru dobrak Inter Milan Lautaro Martinez diidentifikasi sebagai target incaran potensial bagi MU. Ten Hag kabarnya sudah menyiapkan tawaran menggiurkan buat Nerazzurri, yakni memberi Anthony Martial sebagai ganti menyewa jasa Martinez.

Martinez memang merupakan striker tajam di Serie A. Ia tercatat telah mengoleksi 21 gol dari 45 pertandingan. Ia juga berhasil membobol gawang Liverpool dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada awal Maret lalu.

Martinez bisa saja diizinkan pergi dari San Siro jika nilai yang diinginkan pihak klub terpenuhi. Tim yang bertengger di peringkat dua klasemen Liga Italia itu telah mengisyaratkan niatnya untuk menjual sang pemain dengan harga 60–70 juta poundsterling.

Namun, Manchester United punya tantangan lain untuk mendatangkan Martinez. Sang pemain internasional Argentina kabarnya ingin bergabung dengan klub Liga Champions. Raksasa Liga Inggris lain, Arsenal, juga akan meramaikan perburuan tanda tangan Martinez.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Declan Rice adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub West Ham United
    Declan Rice adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub West Ham United

    Declan Rice

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • James Ward-Prowse

  • Southampton

  • Berita Bola