Sukses

Inilah Pemain Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021 Pilihan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong resmi memilih 20 nama untuk SEA Games 2021. Komposisi ini diharapkan bisa berbuah medali emas pertama sejak 1991.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong resmi memilih 20 nama untuk SEA Games 2021. Komposisi ini diharapkan bisa berbuah medali emas pertama sejak 1991.

Trio senior yang dipilih adalah Fachruddin Aryanto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya. Sementara pemain berbasis luar negeri yang masuk skuad mencakup Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Terdapat sejumlah pemain debutan di timnas U-23 Indonesia di antaranya Ilham Rio Fahmi, Ronaldo Joybera, Marselino Ferdinan, dan Muhamad Ridwan.

"Alhamdulillah saya bersyukur dapat masuk 20 pemain yang akan berlaga di SEA Games 2021. Saya bertekad memberikan kemampuan terbaik dan siap bekerja keras demi torehan emas Indonesia," kata Ilham Rio Fahmi.

Timnas U-23 saat ini sudah berada di Jakarta setelah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Setelah berlatih 30 April dan 1 Mei, Garuda Muda bertolak ke Vietnam pada Selasa (3/5/2022).

Cabang olahraga sepak bola berlangsung pada 6-22 Mei. Indonesia masuk Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Timor Leste, dan Myanmar.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan 20 pemain ini adalah pemain-pemain terbaik pilihan Shin Tae-yong.

"PSSI berharap timnas U-23 dapat meraih juara SEA Games 2021. Dengan materi ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," kata Iriawan.

"Kami terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia. Setelah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan selama dua pekan, mereka semakin solid, kompak dan kuat," tambahnya dilansir situs resmi federasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TC di Korsel

Timnas Indonesia U-23 menjalani tiga uji coba selama TC di Korsel. Mereka menderita dua kekalahan dan sekali menang. Pasukan Shin Tae-yong takluk 2-3 dari Daejeon Hana Citizen dan dikalahkan Pohang Steelers 0-2. Sementara kemenangan didapat atas Andong Science College 4-2.

Shin Tae-yong menyebut beberapa aspek yang harus dibenahi anak asuhnya. 

"Secara fisik memang menjadi baik, tapi isi pertandingan sangat tidak puas, secara mental menurun. Saya tegaskan kepada pemain, harus selalu lihat situasi sebelum mendapat bola, prediksi, dan antisipasi. Maksudnya lawan memegang bola, para pemain harus prediksi datang dan ambil bola dari lawan. Itu harapan saya," tegasnya.

"Pastinya perfoma harus ditingkat untuk juara," tambah Shin Tae-yong.

Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan menerima pesan tersebut. "Mungkin ini jadi pelajaran berharga sebelum kami ke SEA Games bagi saya dan teman-teman. Mudah-mudahan kami lebih bagus lagi waktu (main) di SEA Games," ujar Fachruddin Aryanto.

"Kami sama-sama satu suara harus dapat medali emas untuk dibawa pulang ke Tanah Air. Kali ini kami dapat lawan bagus, jadi banyak yang harus diperbaiki mulai koordinasi maupun dasar passing dan kontrol bola," tambah pemain Madura United tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

2. Egy Maulana, FK Senica

3. Witan Sulaeman, FK Senica

4. Elkan Baggott, Ipswich Town

5. Fachruddin Aryanto, Madura United

6. Ronaldo Joybera, Madura United

7. Muhammad Adi, Persik

8. Ernando Ari, Persebaya

9. Rizky Ridho, Persebaya

10. Rachmat Irianto, Persib

11. Marselino Ferdinan, Persebaya

12. Ricky Kambuaya, Persib

13. Marc Klok, Persib

14. Syahrian Abimanyu, Persija

15. Ilham Rio, Persija

16. Irfan Jauhari, Persis

17. Muhamad Ridwan, Persik

18. Firza Andika, Persija

19. Alfeandra Dewangga, PSIS

20. Saddil Ramdani, Sabah FC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.