Sukses

Hasil La Liga Spanyol: Pesta Gol ke Gawang Espanyol, Real Madrid Amankan Mahkota

Real Madrid memastikan gelar Liga Spanyol 2021/2022 dengan fantastis. Mereka menghajar Espanyol 4-0 di Estadio Santiago Bernabeu, Sabtu (30/4/2022).

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid memastikan gelar Liga Spanyol 2021/2022 dengan fantastis. Mereka menghajar Espanyol 4-0 di Estadio Santiago Bernabeu, Sabtu (30/4/2022). 

Rodrygo Goes mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-33 dan 43. Pesta Real Madrid bertambah meriah usai gol Marco Asensio ('55) dan Karim Benzema ('81).

Hasil ini membuat klub ibu kota itu mengoleksi 81 angka dari 34 pertandingan. Mereka tidak mungkin dikejar para pesaing terdekat yakni Sevilla (maksimal 76 poin) dan Barcelona (maksimal 78 nilai).

Di sisi lain, posisi Espanyol belum aman. Meski menempati peringkat 13, mereka cuma sembilan angka di atas zona degradasi. 

Ini adalah gelar La Liga ke-35 bagi Real Madrid. Melengserkan rival sekota Atletico Madrid dari takhta, mereka meninggalkan pesaing terdekat Barcelona yang memiliki 26 titel. 

Dengan mahkota domestik sudah dikuasai, pasukan Carlo Ancelotti kini bisa fokus sepenuhnya ke Liga Champions. Mereka tengah berebut tiket final melawan juara Inggris Manchester City Real Madrid tertinggal 3-4 usai leg pertama semifinal yang berlangsung tengah pekan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Pertama

Dengan leg kedua semifinal Liga Champions melawan Manchester City di depan mata, Ancelotti menyimpan mayoritas pilar. Namun, dia tetap menurunkan Thibaut Courtois, Casemiro, dan Luka Modric.

Menurunkan tim yang jarang tampil bersama, Los Blancos kesulitan mengeluarkan permainan terbaik. Meski begitu, mereka beberapa kali mengancam gawang Diego Lopez.

Mariano Diaz jadi senjata utama tuan rumah. Mengisi posisi Karim Benzema, salah satu tembakannya sempat mengenai tiang gawang.

Marcelo Vieira juga coba merobek gawang lawan. Setelah usahanya gagal, bek asal Brasil itu membantu kompatriotnya Rodrygo mencatatkan nama di papan skor.

Jelang babak pertama berakhir, Rodrygo menggandakan keunggulan Real Madrid setelah mencuri bola dari Yangel Herrera di area pertahanan lawan.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Walau sudah unggul dua gol, tuan rumah tetap tampil bersemangat selepas jeda. Asensio memperbesar pesta tuan rumah tidak lama babak kedua dimulai. Pemain asal Spanyol itu meneruskan umpan Modric.

Dengan selisih lebar, Ancelotti mulai merotasi tim. Benzema, Isco Alarcon, dan Toni Kroos masuk menggantikan Casemiro, Modric, dan Mariano Diaz.  Selanjutnya Vinicius Junior dan Mario Gila mengisi tempat Eduardo Camavinga dan Rodrygo. 

Perubahan ini tidak membuat jalan pertandingan berbelok arah. Los Blancos tetap mendominasi. Isco sempat menduga sudah mencetak gol, tapi kemudian dianulir video assistant referee karena offsie. 

Benzema kemudian mencetak gol ke-26 di La Liga musim ini untuk melengkapi kemenangan Real Madrid.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Jesus Vallejo, Casemiro (Karim Benzema 61), Marcelo; Luka Modric (Toni Kroos 60), Eduardo Camavinga (Vinicius Junior 75), Dani Ceballos; Marco Asensio, Mariano Diaz (Isco Alarcon 61), Rodrygo Goes (Mario Gila 86)

Espanyol (4-3-3): Diego Lopez; Aleix Vidal, Sergi Gomez, Fernando Calero (David Lopez 83), Leandro Cabrera; Yangel Herrera (Fran Merida 76), Sergi Darder, Oscar Melendo (Manu Morlanes 65); Javi Puado, Raul de Tomas (Wu Lei 65), Tonny Vilhena (Manu Morlanes 65)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.