Sukses

Jelang Final Badminton Asia Championships 2022: Rekor Pertemuan Jonatan Christie vs Lee Zii Jia

Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie merebut tiket final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Jojo selanjutnya ditantang tunggal putra andalan Malaysia Lee Zii Jia di partai puncak. Simak rekor pertemuan kedua pemain melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Jonatan Christie melaju ke final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 usai menekuk rekan senegaranya, Chico Aura Dwi Wardoyo di semifinal. Berlaga di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Sabtu (30/4/2022), pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu melalui pertarungan sengit rubber game yang berakhir 21–9, 18–21, 21–16.

Berkat kemenangan tersebut, Jojo sukses mengamankan tiket menuju partai puncak Badminton Asia Championship 2022. Hasil pertandingan kontra Chico menandai final berturut-turut dari tiga turnamen terakhir yang dilakoni Jojo.

Seperti yang telah diketahui, pebulu tangkis berusia 24 tahun itu melaju ke final dan sukses menjadi kampiun Swiss Open 2022 pada 27 Maret lalu. Setelahnya, Jonatan Christie kembali menjejaki partai puncak Korea Open 2022, meski hanya berhasil keluar sebagai runner up.

Di Kejuaraan Asia 2022, Jojo kembali menunjukkan kiprahnya dengan menekuk lawan-lawannya sejak babak penyisihan. Ia bahkan berhasil memenangi laga big match kontra juara dunia asal Singapura Loh Kean Yew di perempat final, sebelum menekuk kompatriotnya di empat besar.

“Hasil ini sebenarnya tidak hanya hasil kerja keras saya saja, ada campur tangan Tuhan dan peran pelatih pastinya. Coach Irwansyah benar-benar melatih saya dan tim tunggal putra dengan kualitas yang cukup bagus,” kata pebulu tangkis peringkat delapan dunia itu, usai dipastikan lolos ke final Kejuaraan Asia, seperti dikutip dari rilis resmi PBSI.

“Jadi memang kami sebelum Jerman Terbuka, sudah jalan latihan satu setengah bulan dengan metode yang menurut saya cukup bagus itu. Semoga latihan yang baik ini diiringi dengan hasil yang serupa,” ungkap Jojo menambahkan.

Jonatan Christie selanjutnya masih bakal melakoni pertandingan besar melawan andalan Malaysia Lee Zii Jia. Tunggal putra yang tengah naik daun ini juga sukses merebut tempat di babak final usai menekuk wakil China Weng Hong Yang dengan straight game 21–11 dan 21–19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menang Empat Kali

Jonatan Christie sejatinya punya modal untuk menghadapi Lee Zii Jia di partai puncak Kejuaraan Asia 2022. Sosok yang pernah meraih medali emas Asian Games 2018 itu tercatat telah empat kali menekuk Lee Zii Jia di turnamen-turnamen sebelumnya.

Kemenangan pertama Jojo diraih di babak 16 besar Malaysia Masters 2018. Sempat tertikung dengan 19–21 di game pertama, Jonatan Christie membungkam wakil tuan rumah dengan 21–14 dan 21–15 di dua game selanjutnya.

Di level grup, Jojo juga berhasil menuntaskan perlawanan Lee. Keduanya sempat bertemu kala Indonesia melakoni babak perempat final Thomas Cup 2018 kontra Malaysia.

Turun di pos kedua tunggal putra, Jonatan Christie unggul atas Lee Zii Jia dengan 21–15, 11–21, dan 21–13. Kemenangan tersebut membuat Indonesia sukses menekuk Malaysia lewat empat partai, dengan kedudukan 3–1.

Tren positif Jonatan Christie kembali berlanjut pada 2019. Tunggal putra kelahiran Jakarta ini membuktikan dominasinya atas Lee Zii Jia usai menang straight game 21–9 dan 21–17 di babak 32 besar Swiss Open.

Tak sampai sebulan berselang, Jonatan Christie lagi-lagi menekuk pemain yang setahun lebih muda darinya itu dengan skor telak 21–13, dan 21–12 di putaran kedua Singapore Open 2019.

3 dari 3 halaman

Kalah Satu Kali

Sayangnya, pertemuan terakhir antara kedua pemain tak berbuah hasil baik bagi kubu Jonatan Christie. Salah satu tunggal putra andalan Indonesia ini tunduk dari Lee Zii Jia lewat dua game langsung, 15–21 dan 13–21, di babak pertama All England 2020.

Kemenangan tersebut tak pelak menjadi catatan apik buat Lee. Pasalnya, ia berhasil merevans empat kekalahan beruntun dari Jonatan Christie di turnamen bulu tangkis bergengsi dunia. Setahun setelahnya, Lee Zii Jia kian mengalami perkembangan pesat.

Pemain kelahiran tahun 1998 itu bahkan sukses keluar sebagai kampiun All England 2021, usai menekuk pebulu tangkis Denmar, Viktor Axelsen, di babak final. Adapun Lee Zii Jia kini bertengger di peringkat 7 dunia.

Dilansir dari situs resmi BWF World Rangkings pada Sabtu (30/4/2022), tunggal putra asal Malaysia itu unggul satu setrip dari Jonatan Christie yang bakal menjadi lawannya di final Kejuaraan Asia 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.