Sukses

Mudik Lebaran 2022: Cerita Pemudik Antre 7 Jam di Pelabuhan Merak

Antrean panjang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten pada arus mudik Lebaran 2022. Panjang dan lamanya antrean dikeluhkan salah seorang pemudik, Rizal.

Liputan6.com, Jakarta Antrean panjang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten pada arus mudik Lebaran 2022. Panjang dan lamanya antrean dikeluhkan salah seorang pemudik, Rizal.

Rizal yang bertujuan ke Lampung sudah mengantre di Pelabuhan Merak sejak Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB, namun hingga pukul 23.15 WIB masih belum bisa naik ke dalam kapal.

Padahal, ia sudah membeli tiket untuk Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.

"Saya berangkat jam 14.00 WIB dari Jakarta, sampai sini jam 16.00 WIB. Sampai sekarang belum juga naik kapal," ujar Rizal, saat menceritakan pengalaman mudiknya, Kamis (28/04/2022).

Selain lamanya antrean, Rizal juga mengeluhkan informasi yang simpang siur. Ia mengaku diarahkan ke Dermaga Reguler untuk mempersingkat antrean.

Namun sesampainya di sana, ia malah dilarang naik ke dalam kapal.

"Beli eksekutif. Cuma informasi katanya diarahkan ke reguler kalau mau langsung. Sama keamanan enggak boleh (naik ke atas kapal)," terangnya.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Tiket Eror

Sebelumnya diberitakan, sistem pembelian tiket dan scan barcode tiket di Pelabuhan Merak bermasalah, akibatnya antrean kendaraan mudik Lebaran terus mengular keluar pelabuhan, Kamis (28/4/2022). Kini, kerusakan sistem itu tengah diperbaiki.

Sembari menunggu sistem kembali normal, Polres Cilegon melakukan diskresi dengan menaikkan penumpang dan kendaraan ke dalam kapal.

"Kalau ada error dan sistemnya itu bermasalah itu akan kami ambil diskresi supaya tetap naik, karena antrean makin panjang," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, Kamis (28/4/2022).

3 dari 3 halaman

Puncak Arus Mudik

Di sisi lain, puncak arus mudik diprediksi terjadi Kamis (28/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

“Kami memprediksi peningkatan akan terus terjadi hingga puncak mudik yang diprediksi terjadi mulai hari ini Kamis 28 April sampai dengan Sabtu 30 April 2022,” jelas Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Kamis (28/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.