Sukses

DBON dan Tim Review PPON Diharapkan Meningkatkan Prestasi Olahraga Nasional

Persani menganggap tim review PPON bisa menjadi partner diskusi dan konsolidasi.

Liputan6.com, Jakarta- Perubahan paradigma terhadap olahraga di Indonesia melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) plus kehadiran Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) mendapat respons positif dari Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani). Persani justru menganggap adanya tim review bisa menjadi partner diskusi meningkatkan prestasi. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Ketua II PB Persani Dian Arifin kepada awak media ketika memantau kesiapan Rifda Irfanaluthfi cs., untuk tampil di SEA Games 2021 Hanoi yang berlatih di GOR Senam Radin Inten, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

"Sebenarnya sudah banyak perubahan tentang adanya sistem di Kemenpora, dimana administrasinya pun sudah tertata dengan baik, meskipun kedepannya mungkin diperlukan juga banyak komunikasi serta diskusi antara Tim Review dengan PB/PP, khususnya Persani, dimana banyak atlet-atlet yang memang perlu kita tingkatkan lagi," ucap Dian Arifin. 

"Dan kembali lagi, dengan adanya Tim Review PPON ini, kami sangat berterimakasih, sehingga kami pun memiliki partner tambahan untuk diskusi dan berkonsolidasi, terlebih di gymnastic ini butuh atlet-atlet muda, sehingga lebih klik dengan program DBON yakni adanya regenerasi yang junior dan senior, sekaligus memberikan jam terbang kepada para atlet, khususnya yang junior," tambah Dian.

Senam akan menerjunkan empat atletnya di ajang multi event SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, yang berlangsung pada Mei 2022 mendatang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Sasaran Utama

Seperti diketahui, pemerintah dalam hal ini Kemenpora kini menganggap jika ajang SEA Games bukan lagi menjadi tujuan, tetapi Olimpiade yang jadi sasaran akhir prestasi atlet Indonesia. Walau demikian, PB Persani membidik dua medali emas melalui empat atletnya yang akan tampil di nomor artistik.

Selain Rifda Irfanaluthfi yang akan tampil di SEA Games 2021 Hanoi melalui nomor artistik, terdapat pula nama Ameera Rahmajanni, Dwi Samsul Arifin, dan Abiyu Rafi yang akan mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di edisi ke-31 ini.

 

3 dari 3 halaman

Potensi Senam

Lebih lanjut, Dian mengatakan jika potensi senam Indonesia kedepannya ada melalui nomor artistik dan ritmik, sehingga menurutnya diperlukan edukasi, bimbingan hingga kerjasama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah.

"Kedepannya kami akan berusaha lebih keras lagi mempersiapkan diri untuk ajang Olimpiade yang menjadi sasaran utama kita, karena potensi-potensi dan peluang-peluang dari atlet artistik dan ritmik sangat besar, khususnya untuk para atlet muda," pungkas Dian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.