Sukses

NBA dan ONE Championship Jadi Properti Olahraga Dunia Terdepan di Media Sosial

NBA dan ONE Championship menempati posisi pertama liga olahraga terdepan di media sosial mengalahkan sejumlah liga sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta- NBA dan ONE Championship memimpin di lima besar properti olahraga global dalam kategori viewership dan engagement berdasarkan laporan terbaru dari Nielsen yang berjudul “Year in Review: Sports Consumption Evolution.” Keduanya menguasai jagat media sosial.

Dengan 14,5 miliar views sepanjang 2021, NBA berada di posisi pertama dalam kategori digital viewership pada 2021. Viewership yang dihitung dalam laporan Neilsen ini mencakup di Facebook, Instagram, YouTube dan TikTok.

ONE Championship membuntuti NBA di urutan kedua dengan lebih dari 13,8 miliar views video. ONE Mengalami lonjakan signifikan. Pada laporan Neilsen tahun 2020, mereka berada di urutan empat.

Sementara itu, UFC turun dua peringkat ke posisi kelima dengan 6,6 miliar views.

Terkait digital fan engagement, ONE berada di urutan keempat di media sosial Facebook dengan angka rata-rata 16.600 engagement di tiap unggahan menyusul posisi UEFA Champions League (1), EPL (2) dan La Liga (3), serta berada empat peringkat di atas UFC (8). ONE juga menempati peringkat keempat di YouTube, peringkat 11 di TikTok, dan peringkat 17 di Instagram terkait engagement rata-rata di tiap unggahan.

Pertumbuhan follower digital ONE Championship juga semakin menanjak dengan jumlah total 42,7 juta di Facebook, Instagram dan YouTube sepanjang periode 2020-2021, naik 24% dari periode sebelumnya. Berdasarkan tingakt persentase pertumbuhan, posisi ONE menyusul Olimpiade Tokyo 2020 (+73%), UEFA EURO 2020 (+35%) dan F1 (+31%).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Muda

ONE juga menunjukkan pertumbuhan luar biasa di TikTok dengan penambahan follower setinggi 146% pada 2021 — berada di belakang F1 sebagai properti olahraga dengan pertumbuhan tercepat di platform yang didominasi oleh Gen Z tersebut.

Dalam kategori jangkauan kumulatif di siaran televisi global sepanjang 2021, ONE berada di peringkat keempat di belakang posisi Olimpiade Tokyo 2020 (1), UEFA EURO 2020 (2) dan UCL (3), dan unggul dari F1 (5), NFL (7), NBA (8) dan UFC (9). Jangkauan kumulatif ini mengukur jumlah penonton unik (unique viewers) yang menyaksikan setidaknya satu menit dari siaran televisi itu.

Menurut Nielsen, ONE juga menempati peringkat ke-11 pada 2021 terkait jam tayang dengan total durasi siaran 10.700 jam di channel televisi di tengah tantangan yang dihadapi akibat pandemi COVID-19 sepanjang tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Home Of Martial Arts,

Dikenal sebagai “The Home Of Martial Arts,” ONE Championship merupakan rumah bernaungnya para seniman bela diri terhebat dari berbagai disiplin.

Dalam seni bela diri campuran (MMA), ONE adalah rumah bagi Demetrious Johnson, atlet yang dianggap terhebat sepanjang masa dalam disiplin tersebut. Sementara dalam ranah Muay Thai, ONE juga menjadi tempat bernaungnya Nong-O Gaiyanghadao dan Rodtang Jitmuangnon.

Selain itu, ini ONE juga dihuni oleh atlet BJJ Marcus “Buchecha” Almeida, atlet submission grappling Gordon Ryan, serta kickboxer legendaris Giorgio Petrosyan. Mereka adalah nama-nama terhebat dengan rekor ciamik dalam disiplin masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.