Sukses

Liverpool vs Villarreal: Jurgen Klopp Waspadai Kehebatan Unai Emery, Si Raja Turnamen

Liverpool bersiap hadapi Villarreal yang menjadi kuda hitam di Liga Champions musim ini. Jurgen Klopp sebut Unai Emery si raja turnamen.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool bakal menghadapi Villarreal pada leg pertama Liga Champions di Anfield, Kamis (28/4/2022). Pertemuan kedua tim tidak banyak karena sebelumnya jumpa di Liga Europa.

Namun pertemuan antara manaer Liverpool, Jurgen Klopp dengan pelatih Villarreal Unai Emery yang menjadi menarik. Klopp pernah menangis karena gagal merebut trofi pertama untuk Liverpool saat kalah 1-3 dari Sevilla yang ditukangi Unai Emery di Liga Europa lalu.

Kini ceritanya berbeda. Namun begitu, Klopp tetap mewaspadai Unai Emery yang disebutnya sebagai raja turnamen.

"Unai Emery itu raja turnamen, luar biasa apa yang sudah dilakukannya. Saya butuh waktu untuk menyiapkan duel ini," kata Klopp seperti dikutip talksport.

Liverpool melawan Villarreal terakhir kali jumpa di Liga Europa. Saat itu, Liverpool menang 3-0 dan kalah 0-1 dari dua leg semifinal Liga Europa 2015/2016.

Saat itu, Villarreal tidak dilatih Unai Emery. Namun Jurgen Klopp jumpa Emery di final Liga Europa tahun itu dan hasilnya mengecewakan The Reds.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luar Biasa

 

Klopp tak bisa menutup mata prestasi Villarreal sangat fenomenal di Liga Champions musim ini. Terbukti, Kapal Selam Kuning berhasil melaju semifinal setelah mengalahkan raksasa Jerman, Bayern Munchen.

"Saya melihat pertandingan mereka, pertandingan mereka luar biasa," kata Klopp.

"Saya hanya melihat cuplikan saja, tapi mengalahkan Juventus dan Bayern Munchen tentu membuat mereka pantas di semifinal."

 

3 dari 4 halaman

Kondisi Tim

 

Menjelang duel nanti, Liverpool tak punya masalah dengan pemain. Hanya Roberto Firmino yang sedikit cedera ringan.

Hanya dia yang absen saat menghadapi Everton. Sedangkan Villarreal tak bisa diperkuat Alberto Moreno.

Mantan pemain Liverpool ini gagal reuni lawan mantan klub karena cedera ligamaen. Striker Villarreal Gerard Moreno juga absen karena masalah hamstring.

 

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik

 

Sejak 2009/2010, musim pertama dimulainya Liga Europa, Unai Emery selalu sukses lolos dari fase knock out. Persentasenya sebesasr 84 persen atau 31 kali dari 37 kesempatan.

Angka ini hanya dikalahkan Zinedine Zidane yang lolos sebanyak 14 kali dari 16 pertandingan atau 88 persen.

Ini menjadi musim terbaik bagi Mohamed Salah yang mencetak 8 gol di Liga Champions. Hanya di musim 2017/2018, dia mencetak lebih banyak gol yaitu 10.

Liverpool sudah mencapai semifinal kompetisi eropa sebanyak 12 kali. Mereka menyamai torehan MU dan tak ada klub Liga Inggris lainnya yang bisa melakukan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.