Sukses

Erik ten Hag Jadi Pelatih Baru, Wayne Rooney Minta Hal Ini dari Penggemar MU

Erik ten Hag ditunjuk sebagai manajer permanen baru Manchester United. Pelatih asal Belanda itu terkenal akan kepiawaiannya menyulap Ajax. Meski demikian, Wayne Rooney menegaskan penggemar MU tak bisa berharap cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Erik ten Hag resmi ditunjuk sebagai manajer permanen baru Manchester United (MU). Juru taktik asal Belanda itu menandatangani kontrak tiga tahun yang akan membuatnya duduk di kursi panas Old Trafford hingga Juni 2025.

Adapun Ten Hag merupakan suksesor Ole Gunnar Solskjaer yang dipecat pada November tahun lalu. Ralf Rangnick hingga kini masih berstatus sebagai manajer interim Manchester United akan berganti peran menjadi konsultan di penghujung musim depan.

Kabar penunjukan Erik ten Hag tak luput dari perhatian Wayne Rooney. Legenda MU itu meminta para penggemar untuk tak mengharapkan perubahan cepat, menyusul terpilihnya Ten Hag sebagai nakhoda baru Setan Merah.

Dilansir dari Metro, Ten Hag merupakan salah satu pelatih paling dihormati di Eropa. Ia sukses mengantar Ajax meraih dua gelar Eredivisie serta dua trofi KNVB Cup selama menjabat sebagai manajer di Johan Cruyff Arena.

Meski demikian, Rooney menilai masalah yang dihadapi MU tak akan hilang dalam semalam. Ten Hag perlu diberi waktu untuk berbenah dan mengembalikan performa sang raksasa Liga Inggris ke level tertinggi.

“Senang melihat mereka (MU) menempatkan seorang manajer di sana. Sepertinya, dari yang saya lihat, mereka akan memberinya (Ten Hag) sedikit waktu. Saya yakin mereka akan membiarkan dia membangun kembali skuad,” ujar Rooney, seperti dikutip dari Metro.

“Saya pikir para penggemar harus sedikit bersabar dengan hal itu. Pasalnya (masalah MU) tidak akan berubah dalam semalam atau secepat yang diinginkan,” sambung pria yang kini menukangi Derby County tersebut.

“Saya rasa penggemar United harus realistis, dan saya yakin hal itu (juga) yang diharapkan klub. Ini adalah kabar positif untuk para penggmar Manchester United,” pungkas Rooney.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya

Ten Hag bukanlah satu-satunya pelatih yang diincar Setan Merah untuk mengambil jabatan sebagai manajer permanen baru di Old Trafford. Sejumlah kandidat, mulai dari Mauricio Pochettino, Julen Lopetegui, hingga Luis Enrique juga sempat masuk dalam radar MU.

Meski demikian, pelatih asal Belanda itu menjadi sosok yang difavoritkan untuk menakhodai Setan Merah. Prospek Ten Hag sebagai juru taktik Manchester United menjadi makin besar lantaran dirinya mendapatkan respons positif dari pihak klub pasca wawancara.

Melansir Liputan6.com, para petinggi MU terkesan dengan sikap blak-blakan Ten Hag. Pria berkepala plontos itu tak ragu membeberkan kebobrokan Setan Merah saat bertemu dengan Direktur Teknik Darren Fletcher dan Direktur Depak Bola John Murtough di Belanda.

Ten Hag juga turut menyoroti kebiasaan MU yang salah membeli pemain top, hingga berujung pada kegagalan. Adapun MU memang diketahui telah menghabiskan lebih dari 1 miliar poundsterling dalam sembilan tahun terakhir. Namun, klub yang bermarkas di Old Trafford itu tak kunjung meraih gelar juara Liga Inggris maupun Liga Champions.

3 dari 4 halaman

Tanggapan David de Gea

Kiper andalan MU David de Gea tak ketinggalan membagikan pandangannya soal penunjukan Erik ten Hag sebagai pelatih anyar di Setan Merah. Penjaga gawang asal Spanyol itu mengaku senang dan bersemangat menyambut kehadiran sang manajer baru.

“Senang rasanya karena klub telah membuat keputusan (soal manajer baru), jadi sekarang kita semua tahu,” ujar De Gea kepada MUTV, seperti dilansir dari Metro.

“Kami tahu apa yang telah dia (Ten Hag) lakukan untuk Ajax. Dia hampir mencapai final Liga Champions, (dia berhasil) memenangkan gelar, dan dia mengembangkan pemain, jadi saya sangat bersemangat,” sambung pemain berusia 31 tahun tersebut.

“Saya pikir dia menampilkan permainan sepak bola yang sangat bagus. Sekarang kami harus berkonsentrasi pada pertandingan-pertandingan terakhir, tetapi kami bersemangat untuk hal ini. Mari kita fokus pada Arsenal dan berjuang untuk (posisi) empat besar,” pungkas De Gea.

4 dari 4 halaman

Situasi MU

Dilansir dari Metro, MU tengah menghadapi situasi sulit sejak Sir Alex Ferguson berhenti dari jabatannya hampir satu dekade silam. Setan Merah telah menjalani lima tahun tanpa trofi serta mempekerjakan dan memecat lima manajer.

Musim ini, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan pun belum mampu mengamankan posisi empat besar. Skuad MU terlempar ke peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 54 poin, terpaut tiga angka dari Tottenham Hotspur yang menduduki top four.

Klub yang ditukangi oleh Ralf Rangnick itu juga baru saja menelan kekalahan telak 0–4 dari Liverpool di Liga Inggris pada Rabu (20/4/2022). Adapun gol-gol The Reds disarangkan oleh Luis Diaz (‘5), Mohamed Salah (’22 & ’85), serta Sadio Mane (’68).

MU selanjutnya harus menghadapi Arsenal yang juga tengah berebut tempat di empat besar. Setan Merah bakal bertandang ke markas The Gunners dalam laga lanjutan Liga Inggris yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (23/4/2022) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Ralf Rangnick adalah manajer sementara klub sepakbola Manchester United.
    Ralf Rangnick adalah manajer sementara klub sepakbola Manchester United.

    Ralf Rangnick

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Erik ten Hag