Real Madrid di Ambang Juara, Ancelotti Bersiap Cetak Sejarah

Oleh AY Yustiawan pada 21 Apr 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2022, 13:00 WIB
La Liga Real Madrid vs Atletico
Perbesar
Penyerang Real Madrid Marco Asensio berebut bola dengan bek Atletico Madrid Renan Lodi pada pekan ke-17 Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Senin dini hari WIB (13/12/2021). Real Madrid berhasil menaklukkan rival sekotanya Atletico Madrid dengan skor 2-0. (AP Photo/Bernat Armangue)

Liputan6.com, Jakarta Carlo Ancelotti berada di ambang membuat sejarah sebagai pelatih pertama yang pernah memenangkan gelar di Liga Spanyol, Italia, Inggris, Prancis dan Jerman.

Sejauh ini tidak ada yang pernah mencapai prestasi penuh dari apa yang disebut lima liga besar di Eropa. Tantangan kompetisi di masing-masing negara cukup sult.

Pria berusia 62 tahun itu mengamankan jalur menuju gelar Liga Spanyol bersama Real Madrid dalam tugas keduanya di klub berkat kemenangan tandang 3-1 atas Osasuna.

Seperti diketahui, Real Madrid semakin dekat dengan kepastian menjadi juara La Liga 2021/2022. Itu setelah Los Blancos menghajar tuan rumah Osasuna 3-1.

Tambahan tiga angka ini membuat Real Madrid semakin kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol dengan 78 poin dari 33 laga. Mereka unggul 17 angka dari Atletico Madrid yang menempati posisi dua. Adapun Osasuna terpuruk di posisi sembilan dengahn 44 poin.


Domestik

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.
Perbesar
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, berhasil membawa timnya lolos ke semifinal Liga Champions setelah mendepak Chelsea dengan agregat 5-4 pada perempat final. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Ancelotti meski telah memenangkan Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Copa del Rey bersama Real Madrid pada 2013-15, ia kehilangan trofi domestik.

Ancelotti memulai penghitungan gelar liga Eropa yang luar biasa ini dengan kemenangan AC Milan di Serie A pada 2003-04.


Buruk

Foto Liga Spanyol: 4 Trofi Simbol Kesuksesan Carlo Ancelotti di Periode Pertamanya Bersama Real Madrid
Perbesar
Gelar kedua adalah trofi Liga Champions. Real Madrid sukses mengalahkan Atletico Madrid 4-1 melalui extra time dalam partai final yang dilangsungkan di Luz Stadium, Lisbon, 24 Mei 2014. (AFP/Franck Fife)

Chelsea berikutnya dengan trofi Liga Inggris pada 2009-2010. Di Prancis, Ancelotti membawa Paris Saint-Germain meraih kemenangan di Ligue 1 pada 2012-13.

Meski pengalamannya di Bayern Munich berakhir buruk, ia berhasil menjuarai Bundesliga pada 2016-17.


Terlewat

Carlo Ancelotti - Real Madrid
Perbesar
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti dalam pertandingan Liga Spanyol melawan Getafe di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Minggu, 2 Januari 2022. Real Madrid kalah 0-1. (JAVIER SORIANO / AFP)

Kembalinya ke Real Madrid ini sebagian untuk mengamankan satu-satunya trofi yang dia lewatkan dan lingkaran itu selesai malam ini.

Di atas semua itu, Ancelotti juga telah memenangkan Liga Champions pada tiga kesempatan, Piala Dunia Antarklub dua kali, Piala FA, Coppa Italia, Piala Super Italia, tiga edisi Piala Super Eropa dan dua Piala Super Jerman.


Berpengalaman

Bungkam Sevilla, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen
Perbesar
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti menyaksikan pemainnya bertanding melawan Sevilla pada pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di di stadion Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (29/11/2021). Hasil ini membuat Los Blancos kukuh di puncak klasemen sementara dengan 33 poin. (AP Photo/Manu Fernandez)

Ancelotti dikabarkan pernah jadi incaran MU. Juara Inggris 20 kali itu juga membuat rencana darurat jika tidak bisa mengamankan salah satu target utama mereka. Laporan tersebut mengklaim Carlo Ancelotti sebagai opsi jangka pendek yang potensial.

Hubungan dekat Ancelotti dengan manajer legendaris Man United Sir Alex Ferguson telah menempatkan pria asal Italia untuk peran itu. Apalagi, Setan Merah tertarik dengan pengalaman dan kemampuannya dalam mengelola ruang ganti dengan sejumlah pemain terkenal.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya