Sukses

Liverpool Unggul 9-0 atas MU Musim Ini, Jurgen Klopp Enggan Bersikap Seperti Suporter

Liverpool berhasil memenangkan seluruh pertemuan dengan Manchester United atau MU pada kompetisi Liga Inggris musim ini. Skor 9-0 untuk Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool memenangkan seluruh pertemuan dengan Manchester United atau MU pada kompetisi Liga Inggris, musim ini. Bila digabung, The Reds telah mengalahkan Setan Merah dengan skor 9-0. 

Hasil ini tidak lepas dari kekalahan yang kembali diderita Setan Merah saat bertandang ke markas The Reds, Anfield Stadium, Rabu dini hari WIB (20/4/2022). Dalam laga ini, Setan Merah yang tidak diperkuat Cristiano Ronaldo harus menelan kekalahan dengan skor sangat telak, yakni 0-4. 

Empat gol tuan rumah dicetak oleh Luis Diaz, Mohamed Salah (2 gol), dan Sadio Mane. Hasil ini sekaligus mengantar Liverpool ke puncak klasemen sementara Liga Inggris, dengan 76 poin. The Reds kini unggul dua poin dari Manchester City yang untuk sementara harus rela turun ke urutan kedua.

Pada pertemuan sebelumnya, MU juga tidak berkutik saat bersua Liverpool. Bermain di kandang sendiri, Stadion Old Trafford pada awal musim 2021/2022, Setan Merah dipermak dengan skor 0-5.

Hasil negatif di dua laga ini tidak hanya membuat perjalanan MU di kompetisi Liga Inggris tersendat. Dua kekalahan beruntun melawan Liverpool juga terasa menyakitkan mengingat rivalitas kedua klub. 

Kekalahan di Anfield pun segera menjadi topik pembahasan hangat di media sosial. Bahkan di Twitter, kemenangan Liverpool atas MU sempat menjadi trending topic. (Simak beritanya di sini). 

"Saya di sini bukan untuk mempermalukan tim lawan. Kami melakukan apa yang memang harus kami lakukan," kata Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp usai laga dilansir dari Manchesterevening. 

"Mereka bermain tanpa gelandang tengah dan ketika Anda dalam situasi sulit seperti MU sebelum pertandingan, lalu Paul (Pogba) ditarik keluar, tidak akan mudah melawan kami," bebernya. 

"9-0, saya tidak tertarik untuk ikut merayakan ini bersama suporter bila mereka melakukannya. Saya tahu ini tidak akan selamanya, mereka akan bangkit kembali," ujar pelatih asal Jerman itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa 6 Pilar Penting

Manchester United tidak diperkuat enam pemain seniornya saat menyambangi markas Liverpool. Raphael Varane, Luke Shaw, Scott McTominay, Fred, dan Edinson Cavani tidak bisa tampil karena cedera. Sementara Cristiano Ronaldo yang sebelumnya mencetak hattrick ke gawang Norwich City sedang dalam masa pemulihan setelah salah seorang bayi kembarnya meninggal dunia.  

Situasi bertambah pelik setelah Paul Pogba yang ditempatkan sebagai gelandang, tidak bisa tampil penuh dalam laga ini. Pemain asal Prancis itu terpaksa ditarik pada menit ke-10 akibat cedera.

Posisinya kemudian digantikan oleh Jesse Lingard. Tanpa Paul Pogba, MU semakin sulit mengimbangi permainan tuan rumah yang akhirnya berhasil memenangkan laga dengan skor 4-0.    

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Pesta gol Liverpool dimulai Luis Diaz, kemudian diteruskan Mohamed Salah dengan dua gol, dan dilengkapi kemenangannya oleh Sadio Mane.

Kemenangan besar ini mengantar Liverpool naik ke puncak klasemen sementara menggeser posisi Manchester Cty. Sedangkan, MU harus tertahan di peringkat keenam.

Pertandingan kedua tim sejak awal memang berjalan berat sebelah. The Reds terus-terusan menggempur Setan Merah sejak menit awal. Manchester United dipaksa bertahan dan mengejar bola, tempo pertandingan tinggi.

Laga baru berjalan lima menit, Liverpool sudah mencetak gol pertama ke gawang MU. Umpan tarik Salah dari sayap kanan diteruskan Diaz di tengah kotak penalti.

4 dari 4 halaman

Babak II

Ketinggalan lewat gol cepat membuat MU semakin tertekan. Tim tamu benar-benar sulit mengembangkan permainan.

Hasilnya, menit ke-22, Liverpool menggandakan keunggulan yang didahuli aksi Mane. Umpan matangnya dengan mudah diselesaikan Salah di sudut gawang De Gea.

Unggul dua gol membuat Liverpool makin leluasa menekan lawannya hingga akhir 45 menit pertama, tapi tidak ada gol tambahan.

Di babak kedua, serangan MU akhirnya bisa mengancam Liverpool. Masuknya Sancho mampu meningkatkan ancaman pada tuan rumah.

Namun, gawang MU justru kebobolan lagi menit ke-68 lewat erangan balik cepat, Diaz lolos dari jebakan offside di sisi kiri dan mengirim umpan tarik akurat untuk dituntaskan Mane dari tengah kotak penalti.

Liverpool akhirnya mengunci kemenangan dengan gol keempat menit 85. Umpan terobosan Jota diteruskan embakan Salah dibelokkan Wan-Bissaka dan mengecoh De Gea. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap 4-0 untuk kemenangan Liverpool. (Simak berita selengkapnya di sini).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jurgen Klopp