Sukses

KONI Optimistis Karate dan Renang Sumbang Emas di SEA Games 2021

Cabor renang dan Karate mendapat kunjungan dari ketum KONI jelang SEA Games 2021 di Hanoi.

Liputan6.com, Jakarta- SEA Games 2021 sudah semakin dekat. Cabang olahraga (cabor) yang akan berangkat ke Hanoi, Vietnam terus mempersiapkan diri. Termasuk cabor karate dan renang.

Cabor Karate akan memberangkatkan 19 atlet ke SEA Games 2021. Dengan rincian 6 putra akan berlaga pada nomor Kumite, 4 putra lainnya nomor Kata, 5 putri pada Kumite dan 4 putri nomor Kata.

Ke-19 atlet karate ini menjalani pemusatan latihan di Gedung Manggala Wanabakti di Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan, Jakarta.

Pelatnas Karate mendapat kunjungan ketua umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman pada Selasa (19/4/2022). Disana Marciano memantau perkembangan pelatnas Karate yang mayoritas dihuni juara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Kepada Marciano, pelatih kepala Idris Taher Gusti bersyukur Pelatnas berjalan lancar. Ia optimistis akan ada 3 emas dari nomor Kata perorangan putra, Kata perorangan putri, dan Kumite 55 kg putri.

Melihat perkembangan pelatnas Karate, Marciano juga yakin hadirnya medali dari cabor karate ini.

“Mereka berlatih sangat keras, kita lihat baik tim yang akan turun di nomor Kata maupun yang di Kumite, mereka sama-sama punya peluang yang baik dan saya yakin tim pelatih mempersiapkan mereka dengan sangat-sangat baik sehingga peluang Indonesia pada SEA Games Vietnam nanti lebih bagus daripada saat mereka di Filipina yang lalu,” kata Marciano di akhir kunjungan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Renang

Sebelum memantau pelatnas karate, Marciano dan pengurus KONI Pusat juga meninjau pelatnas abor renang di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Pada cabor Renang terdapat 8 atlet putri dan 8 atlet putra. “Saat ini, tim kita terdiri dari 16 atlet yang akan kita berangkatnya ke SEA Games nanti, namun pada saat ini kita masih memiliki 20 atlet yang akan kita seleksi di akhir minggu ini,” jelas pelatih kepala Albert C.Sutanto.

“Kami menargetkan 6 sampai dengan 7 menjadi emas sebetulnya, karena potensi ada di situ,” tambah Albert. Potensi emas untuk Indonesia tersebut dari total sekitar 35 nomor yang diikuti kontingen Indonesia, sedangkan jumlah nomor yang dipertandingkan pada SEA Games 2021 adalah 40 nomor.

3 dari 3 halaman

4 Nomor

Albert tambahkan ada empat nomor yang diyakininya paling berpotensi, antara lain nomor 50m gaya punggung, 200m gaya punggung, 400m gaya ganti dan 400m gaya ganti.

Di sisi lain, Albert menyampaikan harapannya untuk mengirim lebih banyak lagi atlet. “Tim yang 16 ini terlalu sedikit untuk meng-cover 40 nomor,” jelasnya. “Sebetulnya kita harapkan bisa di atas 20 (atlet),” sambung Albert.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.