Bola Ganjil: Kakak Beradik Penyumbang Gol Timnas

Oleh Harley Ikhsan pada 21 Apr 2022, 00:30 WIB
Diperbarui 21 Apr 2022, 00:30 WIB
Foto Piala Eropa: Momen Selebrasi Emosional di Babak 16 Besar Euro 2020
Perbesar
Thorgan Hazard (kanan) dan Eden Hazard merupakan kakak beradik yang sudah mencetak gol bagi Belgia. (AP Photo/Thanassis Stavrakis, Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah banyak kakak beradik hadir panggung sepak bola. Kehadiran mereka memberi warna baru di lapangan hijau.

Terlebih jika mereka membukukan prestasi unik. Seperti Milutinovic bersaudara. Mereka bersinar lewat caranya masing-masing.

Milutinovic paling dikenal di dunia barangkali sang bungsu Velibor atau sapaan akrabnya Bora. Punya pengertian strategi mendalam, dia sukses membawa lima negara berbeda ke Piala Dunia secara beruntun sebagai pelatih.

Kakak pertamanya adalah Milos yang dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik dari Yugoslavia, terutama dari posisi sayap. Sementara anak tengah Milorad beroperasi di lini belakang. Dia membela negaranya pada Piala Dunia 1958 serta memperkuat Partizan Belgrade hampir di 200 kali.

Fakta unik lain hadir terkait aksi kakak beradik pada panggung internasional. Salah satunya adalah mereka yang mampu mencetak gol bagi timnas sepak bola.

Di sini Gudjonsson bersaudara layak dikedepankan.


3 Kakak Beradik dan Saudara Tiri

ilustrasi BOLA GANJIL
Perbesar
BOLA GANJIL (Liputan6.com/Abdillah)

Gudjon Thordarson memiliki tiga putra bernama Thordur, Bjarni, dan Johannes. Ketiganya memiliki saudara tiri Bjorn Bergmann Sigurdarson. Seluruhnya sudah menyumbang gol bagi Islandia.

Kakak tertua Thordur membuat 13 gol dari 58 penampilan pada periode 1993-2004. Adiknya Bjarni menciptakan satu dalam 23 partai d kurun 1997-2010. Sedangkan si bungsu Johannes juga membuat satu gol di 34 caps selama 2001-2007.

Bjorn juga mencetak satu gol hasil 17 pertandingan. Namun, dia berpotensi menambah koleksi karena masih aktif bermain.

 


Luksemburg dan Tahiti

ilustrasi bola ganjil
Perbesar
bola ganjil (Liputan6.com/Abdillah)

Sedikit kalah jumlah dari Gudjonsson bersaudara, keluarga Thill dan Tehau memiliki tiga kakak beradik yang mencetak gol bagi timnas.

Vincent, Sebastien, dan Olivier Thill melakukannya bagi Luksemburg. Vincent dan Olivier jadi paling subur dengan masing-masing menyumbang dua, dengan Sebastien tertinggal satu angka. Meski begitu, kondisi masih bisa berubah karena masing-masing masih merumput.

Sementara Alvin, Lorenzo, dan Jonathan Tehau sudah mencatat gol untuk Tahiti. Si kembar Alvin (9) dan Lorenzo (7) memimpin atas Jonathan (5).

Namun, Tehau bersaudara menorehkan prestasi unik lain berupa membuat gol di laga sama. Momen ini terjadi saat Tahiti melawan Samoa pada Piala Oceania, 1 Juni 2012.

Lorenzo membukukan quattrick. Sementara Alvin dan Jonathan masing-masing menciptakan dua gol. Kontribusi mereka membantu Tahiti pesta gol 10-1.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya