Karim Benzema Berbuka Puasa Ramadhan dengan 3 Butir Kurma dan Susu

Oleh Bogi Triyadi pada 19 Apr 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2022, 14:00 WIB
Foto: Epic, Aksi dan Ekspresi Karim Benzema saat Cetak Gol di Injury Time Buat Real Madrid
Perbesar
Tiga butir kurma dan segelas susu menjada menu andalan striker Real Madrid Karim Benzema untuk berbuka puasa Ramadhan. (AFP/Cristina Quicler)

Liputan6.com, Madrid - Karim Benzema ternyata memiliki menu berbuka puasa Ramadhan yang sederhana. Namun, menu andalannya itu sangat bermanfaat buat kesehatan. 

Striker Real Madrid itu berbuka puasa dengan tiga butir kurma dan segelas susu. Menu andalannya itu dia perlihatkan dalam akun Instagram miliknya, baru-baru ini. 

"SAHA FTORKOUM, Alhamdulillah (artinya: Selamat Berbuka Puasa, Alhamdulillah)," kata striker yang sudah mencetak 25 gol di Liga Spanyol sejauh musim ini.

Berbuka puasa dengan kurma sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadits disebutkan, "An Anas Ibnu Malik qala: 'Kana Rasulullahi SAW yufthiru ala ruthabaatin qabla an yushalliya, fa-in lam yakun ruthabaatun, fatamaraatun, fa-in lam yakun tamaraatun hasaa hasawaatin min maa-in,".

Artinya, "Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, beliau biasanya meminum air seteguk demi seteguk."

 


Manfaat kurma

Ilustrasi sajian kurma ketika berbuka puasa/ Pixels
Perbesar
Ilustrasi sajian kurma ketika berbuka puasa/ Pixels

Rasulullah SAW memilih kurma sebagai makanan awal untuk berbuka puasa karena memiliki banyak manfaat. Setelah berpuasa, zat yang paling dibutuhkan tubuh adalah glukosa.

Zat ini bisa ditemukan di kurma dan buah ini mengandung energi yang sangat luar biasa. Bila tidak ditemukan kurma, maka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa cukup dengan diawali segelas air putih.

Karena setelah berpuasa seharian penuh, tubuh kehilangan cairan dan energi. Kurma dan air putih sangat baik untuk tubuh yang sedang mengalami kekurangan cairan serta energi setelah berpuasa.


Khasiat susu

Ilustrasi Susu
Perbesar
Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur)

Sedangkan minum susu saat berbuka puasa dapat menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh. Susu mengandung nutrisi yang bermanfaat membantu mendukung pertumbuhan tubuh, termasuk kalsium, dan protein.

Susu mengandung banyak kalsium yang penting untuk tulang, gigi, gerakan otot, dan sinyal saraf. Selain itu, susu juga merupakan sumber kalium yang bisa membantu pembuluh darah melebar dan mengurangi tekanan darah.

Sementara kadar vitamin D dalam susu untuk mendukung produksi serotonin, hormon yang dikaitkan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur

infografis Makanan dan Minuman Manis yang Tepat untuk Berbuka Puasa
Perbesar
Makanan dan Minuman Manis yang Tepat untuk Berbuka Puasa (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya