Jadi Incaran Barcelona, Robert Lewandowski Bakal Jadi Pengganti Lionel Messi di Camp Nou?

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 19 Apr 2022, 03:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2022, 03:00 WIB
Foto: Bayern Munchen Gilas RB Salzburg 7-1, Hattrick Lewandowski di Liga Champions Catatkan Rekor Baru
Perbesar
Tiga gol pertama Die Roten dicetak oleh penyerang andalannya, Robert Lewandowski pada menit ke-12, ke-21, dan ke-23. Menurut situs Opta, Lewy menjadi pencetak hattrick tercepat mengalahkan rekor Marco Simone dari AC Milan, yang mencetak trigol dalam waktu 24 menit pada 1996. (AFP/Christof Stache)

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan Robert Lewandowski di Bayern Munchen belakangan santer menjadi bahan pembicaraan. Kontrak pemain internasional Polandia itu akan berakhir pada musim panas 2023. Namun, ia tak kunjung menyegel kesepakatan baru dengan pihak klub.

Barcelona nampaknya mencoba mengambil keuntungan dari situasi ini. Blaugrana dilaporkan telah menyodorkan tawaran khusus demi menggaet Lewandowski. Klub yang ditukangi oleh Xavi Hernandez itu berencana memberinya peran Lionel Messi di Camp Nou.

Dilansir dari Mirror, Lewandowski memang telah menegaskan niatnya untuk tidak memperpanjang kontrak dengan sang raksasa Bundesliga. Jika hal ini terus berlanjut, pemain berusia 33 tahun itu kemungkinan bakal meninggalkan Allianz Arena dengan status bebas transfer pada penghujung musim depan.

Ia juga diizinkan bernegosiasi dengan klub lain mulai 1 Januari 2023. Adapun Barcelona diyakini sebagai klub terdepan yang berpotensi mengamankan tanda tangan Lewandowski. Diario Sport menyebut Blaugrana telah memberi tahu sang pemain bahwa ia akan mengisi posisi yang ditinggalkan Lionel Messi awal musim ini.

Hal ini bisa menjadi kesepakatan menarik buat Lewandowski. Pasalnya, Lionel Messi selama ini tak hanya berperan sebagai penyerang utama klub, tetapi juga memegang status cukup tinggi dalam ruang ganti Barcelona.

Laporan lain juga mengeklaim Barca telah mencapai kesepakatan verbal dengan sang pemain. Klub yang kini bertengger di peringkat dua klasemen La Liga Spanyol itu bersedia memberi kontrak tiga tahun bagi Lewandowski di Camp Nou.


Tanggapan Bayern Munchen

Foto: Deretan Bomber Tersubur di Liga Champions Musim 2021/2022, Robert Lewandowski Teratas
Perbesar
Robert Lewandowski untuk sementara memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga Champions musim ini dengan torehan 12 gol. Pemain asal Polandia itu masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya lantaran Bayern Munchen masih akan bertarung di fase selanjutnya. (AFP/Christof Stache)

Kepindahan Lewandowski tak pelak bakal menyebabkan kehilangan besar bagi Bayern Munchen. Apalagi eks pemain Borussia Dortmund itu memiliki rekor gemilang dan kerap menjadi mesin pencetak gol andalan Die Roten.

CEO Bayern Munchen Oliver Kahn sempat memberi tanggapan soal rumor kepergian Lewandowski dari Allianz Arena. Ia mengaku tak merasa khawatir dengan situasi tersebut, meski sang pemain bakal memasuki tahun terakhir dalam kontraknya.

“Saya tidak khawatir sedikit pun soal situasi ini. Tentunya saya sangat tenang karena suara dari luar tidak menekan kami,” ujar Kahn beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Liputan6.com.

“Saat ini, kami sedang berkomunikasi dengannya (Lewandowski), kami berbicara, kami ingin dia bertahan (di Bayern Munchen) selama mungkin,” kata sang CEO mengenai progres transfer Lewandowski pada akhir pekan ini, dikutip dari Mirror.

Kahn menilai Lewandowski mungkin butuh waktu untuk mempertimbangkan situasinya. Walau begitu, ia yakin sang pemain menikmati kariernya di Bayern Munchen. Hal itu terlihat dari kontribusi Lewy mencetak kurang lebih 40 gol per musim bersama Die Roten.

“Para pemain top kadang berpikir untuk mencoba hal lain dan butuh beberapa saat untuk meyakinkan mereka,” pungkas Kahn.


Erling Haaland

Foto: 5 Bintang Muda yang Akan Difavoritkan untuk Memenangkan Gelar Ballon d'Or di Masa Depan
Perbesar
Erling Haaland benar-benar menjadi mesin gol yang dimiliki oleh Borussia Dortmund. Ia tercatat mampu mencetak 41 gol dan 12 assist dari 41 laga bersama Die Borussen. Tak heran jika pemuda 21 tahun ini diprediksi akan menjadi pemain favorit peraih Ballon d'Or di masa depan. (AFP/Ina Fassbender)

Sebelum dikaitkan dengan Lewandowski, Barcelona sempat dilaporkan berniat menyewa jasa bintang Borussia Dortmund Erling Haaland. Laporta bahkan bertemu dengan agen Mino Raiola dalam beberapa kesempatan. Juru taktik Blaugrana Xavi Hernandez juga kabarnya terbang ke Jerman untuk membujuk penggawa muda asal Norwegia itu.

Melansir laporan Mirror, Haaland sejatinya tertarik dengan potensi kepindahan ke Barcelona. Namun, sang pemain juga tengah menjadi subjek incaran sejumlah klub populer lain seperti Real Madrid, Bayern Munchen, dan Manchester City, yang diyakini lebih stabil secara finansial.

Sebagai informasi, Barcelona perlu merogoh kocek setidaknya 250 juta euro, termasuk biaya transfer 75 juta euro yang harus dibayarkan ke Borussia Dortmund, jika mereka ingin memboyong Erling Haaland ke Camp Nou. Sang raksasa Catalan juga harus memenuhi tuntutan gaji sang pemain, sekaligus memberi komisi sekitar 60 juta euro untuk agen Mino Raiola.

Blaugrana kabarnya sedang dalam tahap pembicaraan untuk mencapai kesepakatan investasi dengan CVC. Sayangnya, walau telah menerima sokongan dana dari perusahaan tersebut, Barcelona masih perlu melepas beberapa pemain demi menyeimbangkan konfisi keuangannya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya