Sukses

Timnas A Juara ABL 3x3, Perbasi Ingatkan Perjuangan Sebenarnya di SEA Games Vietnam

Tim A basket putra Indonesia 3x3 berhasil mengalahkan Harimau Malaya pada babak final ABL 3x3 yang berlangsung di Bali, Minggu (17/4/2022) dengan skor 21-15.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Basket 3x3 Indonesia A berhasil mengatasi perlawanan Harimau Malaya dengan skor 21-15 pada final ABL 3x3 International Champions Cup 2022. 

Kemenangan ini bagi timnas A merupakan modal beharga untuk menatap SEA Games ke-31, Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei mendatang. 

Skuat timnas A bermaterikan 90 persen tim yang meraih perak di SEA Games Manila 2019. Mereka adalah Surliyadin, Sandy Ibrahim, dan Oki Wira yang berkolaborasi dengan pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson. 

“Alhamdulillah bulan suci Ramadhan membawa berkah bagi Timnas 3x3. Semoga semua bisa lancar dan mendapatkan hasil maksimal di SEA Games 2022 Vietnam,” ungkap manajer timnas 3x3 Ferri Jufry dilansir dari laman resmi PP Perbasi, Minggu (17/4/2022). 

Sementara itu di kategori putri, timnas 3x3 putri yang turun dengan nama Elite menempati peringkat ketiga. Posisi itu didapat setelah mereka mengalahkan wakil India, Delhi 3BL 17-6. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi untuk Timnas 3x3 Indonesia

Melihat hasil pertandingan tersebut, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengapresiasi capaian wakil Indonesia di ABL 3x3 International Champions Cup 2022. 

Dengan persaingan yang ketat dan tim yang berkualitas, pengalaman ini bisa dijadikan modal untuk memberikan yang terbaik di SEA Games nanti. 

“Bangga dengan hasil perjuangan Patriots Putra dan Putri di Kompetisi ABL 3x3 di Bali. Namun jangan mudah puas karena perjuangan sesungguhnya ada di SEA Games. Tingkatkan terus kemampuan untuk target medali di SEA Games 2022 mendatang. Kalian membanggakan,” terang Nirmala. 

Di SEA Games ke-31 Hanoi, Timnas 3x3 diharapkan bisa memperbaiki capaian di SEA Games 2019 yang meraih perak. Artinya, timnas ditargetkan membawa pulang medali emas. 

3 dari 3 halaman

Daftar 8 Pemain

- Kevin Moses Eliazer Poetiray

- Nickson Damara Gosal

- Dame Diagne

- Muhammad Sandy Ibrahim Aziz

- Jamarr Andre Johnson

- Surliyadin

- Oki Wira Sanjaya

 

- Julian Alexandre Chalias

Pada SEA Games 2019, tim basket 3x3 Indonesia harus mengakui keunggulan 17-19 dari Vietnam di babak penyisihan grup. Namun, Indonesia yang menurunkan pemain-pemain lokal itu mampu membalas kekalahan dengan menyingkirkan Vietnam di babak empat besar dengan skor 20-18 untuk melaju ke final. 

Di babak final, Timnas Basket 3x3 Indonesia harus mengakui kegigihan dari tim tuan rumah Filipina yang mayoritas diperkuat pemain keturunan Amerika. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.