Sukses

Bola Ganjil: Saksikan Tim Kesayangan Dipermalukan, Suporter Menemukan Wiper Mobil

Sepak bola memainkan peran penting terhadap berbagai aspek kehidupan. Salah satunya bahkan sampai berbuah penemuan.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola memainkan peran penting terhadap berbagai aspek kehidupan. Salah satunya bahkan sampai berbuah penemuan.

Gladstone Adams sedang mengendarai mobil menuju Crystal Palace Park. Dia ingin memberikan dukungan langsung untuk tim kesayangan Newcastle United menghadapi Wolverhampton Wanderers pada final Piala FA 1907/1908.

The Magpies sangat diunggulkan bakal memenangkan pertandingan. Pasalnya, Woves saat itu berstatus tim kasta kedua.

Nyatanya kejutan terjadi. Newcastle takluk 1-3 dan menderita kekalahan ketiga di final dalam empat tahun.

Adams jelas tidak dalam kondisi senang dengan keadaan itu. Dia makin kesal karena terjebak badai salju dalam perjalanan pulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Atasi Masalah

Kala itu, kaca depan mobil masih harus dibersihkan manual menggunakan tangan agar pengemudi bisa melihat ke depan. Pada momen itulah Adams mendapat ide cemerlang.

Gagasan itu berupa pedang yang digerakkan mesinketika kendaraan dalam kondisi hidup. Adams pun mendaftarkan desain wiper kaca mobil pada agen paten di Liverpool, Sloan & Lloyd Barnes, pada April 1911.

 

3 dari 3 halaman

Adopsi

Penemuan Adams masih digunakan hingga sekarang. Sayang dia hanya sendirian. Benda-benda lain di sepak bola pada umumnya mengadopsi yang sudah ada.

Pintu memutar untuk penonton masuk stadion pada awalnya datang dari agrikultur. Petani menggunakannya saat mengunci domba dan sapi terkunci saat melihat ladang. Sementara pelindung tulang kering merupakan versi mini yang dikenakan atlet kriket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.