Sukses

Ada Transaksi Mencurigakan dengan Lille, AC Milan Bakal Dijual

AC Milan kemungkinan dijual oleh Elliott setelah ditemukan adanya keterkaitan dengan kepemilikan Lille.

Liputan6.com, Jakarta-- Kabar mengejutkan datang dari AC Milan pada pertengahan April 2022. I Rossoneri kabarnya akan berganti kepemilikan lagi. Pemilik Milan saat ini Elliott Management berencana menjual klub yang bermarkas di San Siro itu dalam waktu dekat.

Keputusan Elliott untuk menjual AC Milan karena UEFA mulai menyelidiki dugaan transaksi pemain mencurigakan dengan klub Prancis Lille. Yang dipermasalahkan Elliott diduga juga memiliki keterkaitan dengan Lille sehingga ada transfer yang berbau nepotisme.

Media Prancis L'Equipe, seperti dikutip dari Football Italia pada Jumat (15/4/2022) melaporkan kasus ini membuat Elliott sedang mempertimbangkan menjual Milan. Elliott juga sudah menemukan calon pembeli potensial yakni grup investor asal Bahrain, Investcorp.

L'Equipe yang pertama kali menganalisa adanya keterkaitan kepemilikan AC Milan dengan Lille. Mereka juga yang menyebut UEFA sedang mengamati dengan seksama beberapa transfer pemain yang dilakukan Lille dan AC Milan dalam beberapa tahun terakhir.

Milan dan Lille kebetulan memang terlibat dalam aktivitas transfer beberapa musim terakhir. Contohnya Milan mampu mendapatkan dua aset Lille Rafael Leao dan Mike Maignan. I Rossoneri juga kabarnya selangkah lagi mendapatkan Sven Botman dan Renato Sanches.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menelusuri Kepemilikan Lille

Semua bermula pada Desember 2020 saat Lille dijual ke Merlyn Advisors asal Luksemburg yang didirikan oleh pengusaha Belanda Maarten Petermann dan pengusaha Italia Alessandro Barnada.

Petermann sudah menyatakan Elliott tidak memiliki perwakilan di Lille ataupun Merlyn Advisors sehingga tak mungkin mempengaruhi keputusan klub.

Setelah dilakukan penyelidikan akhirnya ditemukan hubungan Milan dan Lille melalui Elliott. Birch International dan Birch Associates, yang berkantor di markas Elliott di West Palm Beach, Florida, mengendalikan Callisto Sporting yang dimiliki oleh Merlyn Advisors.

3 dari 3 halaman

Larangan

Merlyn diketahui menahan hutang Lille melalui Callisto Sporting. Peraturan UEFA melarang adanya orang atau perusahaan memiliki atau punya pengaruh pada lebih dari satu klub.

Sebenarnya masih belum jelas apakah UEFA sudah membuka penyelidikan terhadap masalah ini. Namun Elliott sudah bersiap menjual AC Milan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • LOSC Lille atau disingkat dengan nama Lille adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Prancis
    LOSC Lille atau disingkat dengan nama Lille adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Prancis

    Lille

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • Elliott Management