Sukses

Pengobatan Kanker Prostat Berhasil, Louis Van Gaal: Saya Sudah Melalui Segalanya

Louis van Gaal telah berhasil melawan kanker prostat yang dialami. Pengakuan ini pun mengejutkan banyak pihak termasuk timnas Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Belanda, Louis Van Gaal mengatakan perawatan yang dia jalani untuk kanker prostat telah berhasil. 

“Saya telah melalui segalanya. Saya menjalani 25 perawatan radiasi. Kemudian saya harus menunggu lima atau enam bulan untuk melihat apakah itu telah melakukan tugasnya. Itu terjadi, ucap Van Gaal dilansir dari Reuters.com, Selasa (12/4/2022). 

Mantan manajer Manchester United dan Barcelona yang berusia 70 tahun itu mengungkapkan diagnosisnya di sebuah acara televisi Belanda awal bulan ini. 

Dia juga mengaku bahwa pada malam hari dia bisa pergi ke rumah sakit tanpa pemain mengetahuinya sampai sekarang dan mereka berpikir dia sehat. 

Pelatih yang sudah berusia 70 tahun ini, memiliki pemikiran yang sangat positif mengenai kanker prostat yang dialami. Dia mengaku bahwa mantan manajer Barcelona dan MU ini tidak akan bisa meninggal akibat kanker prostat. Simak artikel lengkapnya di sini.

Dengan kondisi ini, Louis Van Gaal memang berencana untuk melanjutkan perannya sebagai manajer Belanda dan memimpin timnas Belanda di Piala Dunia Qatar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ronald Koeman

Sementara itu, van Gaal yang sedang mengalami kanker prostat ini harus digantikan oleh Ronald Koeman. Penunjukan ini sudah diumumkan secara resmi oleh Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB). 

Ronald Koeman akan menggantikan Louis van Gaal sebagai pelatih timnas Belanda setelah Piala Dunia 2022 di Qatar. Masa kerjanya bersama Timnas Belanda akan berlangsung hingga Piala Dunia 2026. 

Dalam pernyataan yang diluncurkan oleh KNVB, Ronald mengatakan bahwa dia siap untuk melanjutkan jalan kedepan. 

“Lebih dari satu setengah tahun yang lalu saya tentu tidak meninggalkan timnas Belanda karena ketidakpuasan,” kata Koeman dikutip dari KNVB. 

“Karir saya di timnas Belanda terasa bagus, hasilnya bagus dan koneksi dengan tim juga bagus. Kami akan segera melanjutkan jalan itu,” ucap Koeman. 

Sebelumnya, Koeman diketahui sempat melatih timnas Belanda selama dua tahun. 

3 dari 3 halaman

Prestasi Gemilang Pelatihan Van Gaal

Sepanjang karir kepelatihannya, Van Gaal sudah ditunjuk 3 kali sebagai pelatih timnas Belanda. Salah satu prestasinya adalah membawa timnas Belanda finis sebagai juara ke-3 di Piala Dunia 2014. 

Kala itu, Tim nasional Belanda berhasil memenangi pertandingan perebutan juara ketiga Piala Dunia 2014 melawan Brasil dengan skor 3-0.  

Tahun ini, Van Gaal telah membimbing negaranya ke Piala Dunia di Qatar. Tim Belanda akan menghadapi tuan rumah, Senegal dan Ekuador di babak grup akhir tahun ini. 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.