Sukses

Demi Datangkan Erik ten Hag, MU Harus Bersaing dengan RB Leipzig

Lama dikaitkan dengan Erik ten Hag, Manchester United (MU) kini harus menghadapi persaingan sengit demi mendapatkan jasa manajer asal Belanda itu. Pasalnya, raksasa jerman RB Leipzigjuga dilaporkan ikut mengajukan tawaran untuk membajar Erik ten Hag dari Ajax.

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) telah lama dikaitkan dengan Erik ten Hag. Manajer asal Belanda itu digadang-gadang sebagai kandidat favorit untuk mengisi jabatan permanen di Old Trafford.

Sayangnya, MU bukanlah satu-satunya pihak yang tertarik menyewa jasa Erik ten Hag. Klub Bundesliga RB Leipzig juga dilaporkan telah mengajukan tawaran untuk memboyong pelatih Ajax Amsterdam itu ke Red Bull Arena.

Dilansir dari Metro, Ten Hag sejatinya diagendakan duduk di kursi panas MU pada akhir musim untuk menggantikan manajer interim Ralf Rangnick yang bakal segera alih jabatan. Setan Merah bahkan telah mengadakan negosiasi ekstensif dengan sang pelatih.

Meski demikian, Ten Hag nampaknya tak mau serta-merta menandatangani kesepakatan dengan MU. Eks manajer Utrecht itu menginginkan jaminan atas anggaran dan manajemen skuad dari hierarki klub, sebelum menyetujui kepindahan ke Old Trafford.

Di sisi lain, laporan De Telegraaf dan AD menyebut perwakilan Ten Hag sudah berdiskusi dengan RB Leipzig. Sang raksasa Jerman kabarnya rela memberi tawaran menggiurkan bagi pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Die Roten Bullen juga bersedia membayar biaya kompensasi senilai lebih dari 2 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp31,2 miliar kepada Ajax, demi membajak juru taktiknya pada penghujung musim.

Setan Merah sebenarnya mampu memenuhi tuntutan keuangan Ajax terhadap Erik ten Hag. Namun tak dapat dimungkiri, keikutsertaan RB Leipzig dalam perburuan tanda tangan Ten Hag membuat MU perlu bekerja ekstra untuk mengamankan jasa sang pelatih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Erik ten Hag

Ten Hag sudah lama dikenal sebagai salah satu kandidat manajer incaran MU. Pelatih asal Belanda itu kabarnya telah menjalani wawancara dengan dewan klub dan kini berada di posisi terdepan untuk mengambil alih jabatan permanen di Old Trafford.

Ten Hag sebenarnya pernah mengungkapkan keinginan untuk berfokus pada Ajax akhir tahun lalu. Ia jadi tertarik pindah ke Old Trafford usai menjalin pembicaraan positif dengan petinggi klub beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, sang pelatih masih menolak memberi pembaruan informasi terkait diskusinya dengan Manchester United. Sosok yang menukangi Ajax itu mengalihkan pembicaraan dengan menyatakan dirinya sibuk mempersiapkan pelatihan dan pertandingan.

“Kami sibuk dengan pelatihan dan pertandingan,” ujar Ten Hag kepada ESPN, seperti dilansir dari Metro pada Senin (11/4/2022).

“Saya ingin berbicara tentang pertandingan, bukan tentang hal-hal lain, seperti apakah saya sudah melakukan diskusi (dengan MU) atau tidak. Saya tidak ingin mengomentari rumor-rumor yang ada,” lanjut mantan rekan kerja Pep Guardiola di Bayern Munchen itu.

3 dari 4 halaman

Ten Hag di Ajax

Ten Hag memang memiliki prestasi gemilang bersama Ajax. Tak heran jika klub-klub papan atas Eropa tertarik menyewa jasanya. Ia sukses menyulap Ajax menjadi salah satu klub paling dominan di Belanda.

Selama waktunya di Johan Cruyff Arena, Ten Hag juga berhasil meraih dua gelar Eredivisie, sekaligus memenangkan KNVB Cup dalam dua kesempatan.

Sayangnya, manajer berkepala plontos itu mulai frustrasi dengan situasi Ajax. Pihak klub terus-menerus menjual penggawa bertalenta, yang membuatnya harus berurusan dengan pemain-pemain baru demi membangun ulang tim.

“Usia tim kami selalu pendek dalam beberapa tahun terakhir. Saya paham–dan selalu mengerti–(maksud) penjualan tim. Tetapi Anda tidak akan bisa bertahan dengan cara itu jika ingin terus memainkan peran penting di Liga Champions,” ujarnya seperti dilansir dari Mirror pada pertengahan Maret lalu.

4 dari 4 halaman

Situasi MU

Di sisi lain, MU saat ini tengah berada dalam situasi kurang baik. Klub yang masih ditukangi oleh Ralf Rangnick itu baru saja menuai kekalahan 0–1 dari Everton dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris pada Sabtu (9/4/2022).

Hasil negatif ini mengikis harapan Setan Merah untuk mengamankan tempat di Liga Champions musim depan. Adapun Manchester United tengah bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara dengan torehan 51 poin, Ia tertinggal enam angka dari Tottenham yang duduk di urutan keempat.

"Kami bergantung kepada hasil lain, tetapi selama kami tidak menang, kami tidak akan mendapat hasil bagus dari tim lainnya," ujar Rangnick mengenai kans Setan Merah finis di posisi empat besar, seperti dilansir dari situs resmi MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • RB Leipzig ialah sebuah klub sepak bola yang berasal dari Jerman
    RB Leipzig ialah sebuah klub sepak bola yang berasal dari Jerman

    RB Leipzig

  • Bundesliga adalah kasta tertinggi sepakbola Liga Jerman, kompetisi ini telah dihelat sejak 1963
    Bundesliga adalah kasta tertinggi sepakbola Liga Jerman, kompetisi ini telah dihelat sejak 1963

    Bundesliga

  • Erik ten Hag