Sukses

PBSI Umumkan Skuat Indonesia di Badminton Asia Championship: Gabungan Senior dan Junior

Simak skuat Indonesia yang akan berlaga di Badminton Asia Championship 2022, Manila, Selasa (26/4/2022) hingga Minggu (1/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta Para pebulu tangkis Indonesia akan mengikuti gelaran Badminton Asia Championship (BAC) yang akan berlangsung di Manila, Filipina, Selasa (26/4/2022) hingga Minggu (1/5/2022) mendatang. 

“Inilah skuad indonesia di Kejuaraan Asia Perorangan 2022. Setiap negara hanya bisa mengirimkan maksimal 4 wakil di setiap sektor. Sistemnya pun undangan dari Federasi Bulutangkis Asia (BAC),” tulis akun Instagram PBSI, @badminton.ina, Senin (11/4/2022). 

Kali ini, Indonesia akan mengirimkan skuat campuran antara pemain senior dan junior di setiap sektor. Terdapat nama-nama pemain unggulan Indonesia di sektor tunggal putra seperti Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. 

Di nomor tunggal putra, juga terdapat nama kapten tim putra dari BATC 2022, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo yang akan mencoba peruntungan di ajang BAC. 

Sementara untuk sektor ganda putra, terdapat nama pemain senior runner-up All England 2022, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pemenang Swiss Terbuka 2022, Fajar Alfian/M Rian Ardianto, Pramudya Kusumawardana/Yeremia E.Y.Y. Rambitan, dan pemenang All England 2022, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sektor Putri

Pada sektor tunggal putri, pemain pelapis menjadi dominasi terbanyak yang akan diturunkan pada BAC kali ini. Terdapat beberapa nama seperti Putri Kusuma Wardanani dan Stephanie Widjaja yang pernah membawa pulang piala tim putri di BATC 2022.

Tak hanya pemain pelapis, Indonesia juga menurunkan pemain senior seperti Gregoria Mariska Tunjung pada sektor tunggal putri dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di nomor ganda putri. 

Semula, Siti Fadia memang akan dicoba pasangkan dengan Apriyani Rahayu, namun hal tersebut belum dapat direalisasikan lantaran, Apriyani yang sedang mengalami cedera di lutut kanannya. Pertandingan ini menjadi salah satu pertandingan comeback bagi Fadia/Ribka. 

Selain nama Fadia/Ribka, terdapat juga pemain alumni BATC di sektor ganda putri, yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia C. Pratiwi dan Lanny Tria Mayasaro/Jesita Putri Miantoro. 

3 dari 4 halaman

Ganda Campuran

Di sektor ganda campuran terdapat nama pemain asuhan PB Djarum, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang akan mengikuti kejuaraan BAC yang akan dilaksanakan di Manila ini. 

Selain itu, juga terdapat 2 pasangan ganda campuran baru usai berlaga di Korea Terbuka 2022, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Hanigtyas Mentari dan Adnan Maulana Mychelle Crhystine Bandaso

Tak hanya ketiga pemain ganda campuran tersebut, BAC juga memberikan undangan kepada Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang sempat melaju ke babak final Orleans Masters 2022. 

4 dari 4 halaman

Daftar Skuat Indonesia di Badminton Asia Championships 2022

Tunggal Putra: 

- Anthony Sinisuka Ginting 

- Jonatan Christie 

- Shesar Hiren Rhustavito

- Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri: 

Gregoria Mariska Tunjung

- Putri Kusuma Wardani 

- Stephanie Widjaja

- Komang Ayu Cahya Dewi 

Ganda Putra: 

- Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 

- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 

- Pramudya Kusumawardana/ Yeremia E.Y.Y. Rambitan 

- Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri 

Ganda Putri: 

- Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto 

- Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi 

- Meilysa Trias Puspitasari/ Rachel Allessya Rose 

- Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro

Ganda Campuran: 

- Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti 

- Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari 

- Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso

- Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022, Tim putri Indonesia berhasil membawa pulang piala setelah mengalahkan Korea Selatan dengan 3-1. Pertandingan yang dilaksanakan di Setia City Convention Center, Selangor merupakan gelar pertama sepanjang sejarah di nomor tersebut. 

Kemenangan tim putri menjadi kampiun dipastikan oleh Lanny Tria Mayasari/Nita Violina Marwah yang berhasil mengalahkan ganda putri Korea Selatan Kim Min Ji/Park Min Jeong 21-11 dan 21-11.

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.