Sukses

Marc Marquez Ungkap Kendala yang Dihadapi di MotoGP Amerika

Marc Marquez yang start dari urutan kesembilan pada MotoGP Amerika, sempat tercecer hingga ke posisi 24 akibat masalah teknis yang menimpa sepeda motor tunggangannya.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tampil memukau pada MotoGP Amerika yang berlangsung di Circuti of The America, Senin (11/4/2022). Meski gagal podium, rider asal Spanyol itu mampu memberi tontonan yang menghibur dengan berbagai manuver yang dilakukan dalam memperbaiki posisinya.

Masalah yang menimpa motor membuat Marquez sempat tercecer hingga ke urutan 24 di awal lomba. Namun The King of COTA berhasil bangkit dan melewati para pembalap di depannya hingga akhirnya berhasil finis di urutan keenam. Marquez terpaut 4.021 detik dari pembalap tercepat, Enea Bastianini. 

"Di satu sisi saya sangat kecewa karena jelas kami punya kecepatan. Saya sangat menikmati jalannya balapan, datang dari belakang, tapi 25 poin adalah mungkin hari ini," kata Marquez dilansir Crash.

Pada seri keempat MotoGP 2022 ini, Marquez yang baru pulih dari diplopia seharusnya start dari urutan kesembilan. Namun saat lampu start dipadamkan, pembalap yang dijuluki Baby Allien itu tampa kesulitan memacu kuda besinya, seakan pembatasan kecepatan di pit lane masih aktif di motornya. 

"Kami menghadapi masalah teknis" kata Marquez. "saat ini, Honda sedang menyelidikinya, tapi sepertinya mereka kurang lebih sudah tahu apa yang terjadi," beber Marquez menambahkan. 

"Saat saya tiba di start saya lihat beberapa alarm (lampu peringatan di dasbor). Saya coba memulai, tapi motornya gila dan saya pikir itu sesuatu yang besar karena sampai tikungan pertama, tidak ada tenaga dari motor," beber pembalap berusia 29 tahun itu menambahkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Sempurna

Marquez mengaku telah mengecek apakah dia mengaktifkan batas kecepatan di pit-lane. Hasilnya tidak menunjukkan tanda-tanda aktif.

"Alarm tetap menyala sepanjang balapan, tetapi untungnya setelah tikungan pertama, ketika perangkat holeshot terlepas dan semuanya, motor bekerja kurang lebih dengan cara yang baik," beber Marquez.

Penampilan Marquez di MotoGP Amerika menjadi salah satu momen yang paling dinantikan. Maklum saja, ini merupakan penampilan perdana Marquez sejak terjatuh di MotoGP Indonesia, Maret lalu. 

Akibat kejadian tersebut, Marquez terpaksa absen di dua seri, yakni MotoGP Mandalika 2022 dan MotoGP Argentina. Marquez terpaksa menunda keinginannya mengaspal usai menderita gangguan penglihatan diplopia setelah kecelakaan di Mandalika.

"Itu tidak sempurna, sebab ada sesuatu yang masih salah. Tapi balapan berjalan dengan baik. Dan dari titik ini, kami mengawali balapan lainnya," ujar Marquez usai lomba. 

 

3 dari 4 halaman

Jalannya Lomba

Sementara itu, pembalap Gresini Ducati, Enea Bastianini keluar sebagai juara di MotoGP Amerika Serikat di COTA, Texas, Senin (11/4/2022) dini hari WIB. Dia mencatatkan waktu 40 menit 54,510 usai menyalip Jack Miller.

Posisi dua diraih Alex Rins dan posisi ketiga direbut Jack Miller yang sempat memimpin hampir sepanjang balapan. Marc Marquez tampil heroik dengan meraih posisi keenam setelah sempat terpuruk saat start.

Jack Miller berhasil menyalip Jorge Martin saat start. Sedangkan Marc Marquez seperti mengalami masalah saat start sehingga terpuruk ke posisi 18.

Jack Miller tetap sulit ditandingi Jorge Martin hingga lap kedua. Sedangkan Marc Marquez mencoba terus naik hingga menyodok ke posisi 14 pada MotoGP Amerika Serikat.

Di lap keenam, Marquez berhasil menyodok ke posisi ke-10. Sedangkan posisi 1,23 masih dipegang Jack Miller, Jorge Martin dan Enea Bastianini.

 

4 dari 4 halaman

Berlangsung Ketat

Posisi 3 cukup sengit karena Bastianini dikuntit Alex Rins dengan jarak yang cukup dekat.

Marquez menyodok lagi ke posisi 9 pada saat memasuki lap ke-10. Dia mengancam posisi Fabio Quartararo yang ada di posisi ke-8.

Masuki lap ke-11, Bastianini menyodok ke posisi 2 dan Alex Rins ke posisi 3. Jorge Martin terpuruk ke posisi empat.

Marquez menggila lagi dengan menyodok ke posisi 7 di lap ke-13. Dua kali dia mencatatkan waktu lap tercepat

Di posisi paling depan, Jack Miller mendapatkan tekanan serius dari Bastianini hingga memasuki 5 lap terakhir. Bastianini berhasil menyalipnya di trek lurus. Miller kembali melorot saat Alex Rins menyodoknya di posisi kedua pada lap terakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.