Barcelona Imbang Lawan Frankfurt di Liga Europa, Kenapa Xavi Bicara Lapangan Jelek dan Tim Lawan yang Kesetanan

Oleh Marco Tampubolon pada 08 Apr 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2022, 14:00 WIB
Liga Europa Frankfurt Vs Barcelona
Perbesar
Penyerang Barcelona Pierre-Emerick Aubameyang berebut bola dengan bek Eintracht Frankfurt Martin Hinteregger pada laga leg pertama perempat final Liga Europa 2021/22 di Deutsche Bank Park, Jumat dini hari WIB (8/4/2022). (AP Photo/Michael Probst)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona gagal memetik kemenangan saat bertandang ke markas Eintracht Frankfurt, pada leg pertama babak perempat final Liga Europa, Jumat (8/4/2022). Meski sempat unggul pemain sejak menit ke-78, Blaugrana hanya mampu membawa pulang hasil imbang dengan skor 1-1.

Tuan rumah, Frankfurt lebih dulu menggetarkan jala Barcelona di Deutsche Bank Park dini hari tadi. Ansgar Knauff berhasil membawa Elang Merah unggul pada menit ke-48. Sementara gol balasan Barcelona lahir dari Ferran Tores pada menit ke-66 sekaligus jadi gol terakhir dalam laga ini. 

Frankfurt sebenarnya sempat kehilangan satu pemain pada menit ke-78 saat Tuta diganjar kartu merah. Namun situasi ini tidak mampu dimanfaatkan Barcelona untuk menambah skor. 

"Mereka keluar seperti setan saat melakukan serangan balik, dan itu membuat hidup kami susah," kata pelatih Barcelona, Xavi Hernandez usai pertandingan seperti dikutip dari AS.com.

"Juga lapangannya tidak terlalu bagus dan itu sama sekali tidak membantu kami," beber Xavi. 

Deutsche Bank Park selama ini memang dikenal sangat menyulitkan tim-tim asal Spanyol. Sebelum bertemu Barca, Frankfurt tidak terkalahkan dalam 8 laga terakhir melawan klub dari Negeri Matador, dengan catatan lima kali merebut kemenangan dan tiga kali bermain imbang.. 

Pada babak 16 besar sebelumnya, Frankfurt juga berhasil mengalahkan Real Betis dengan agregat 2-1. Di laga tandang, Frankfurt menang 1-0 dan bermain imbang 1-1 lewat extra time di laga kandang.

Sementara itu, hasil imbang melawan Frankfurt juga menambah panjang rekor tak terkalahkan Barcelona yang kini mencapai 14 laga di semua kompetisi. Sebelum bertemu Frankfurt, Barca lebih dulu menyingkirkan Napoli dengan agregat 5-3 dan Galatasaray dengan agregat 2-1.   

 

 

 


Jalannya Pertandingan

Liga Europa Frankfurt Vs Barcelona
Perbesar
Penyerang Barcelona Adama Traore (tengah) berebut bola dengan gelandang Eintracht Frankfurt Filip Kostic pada laga leg pertama perempat final Liga Europa 2021/22 di Deutsche Bank Park, Jumat dini hari WIB (8/4/2022). Frankfurt dan Barcelona berbagi skor 1-1 . (AP Photo/Michael Probst)

Bertanding di Deutsche Bank Park, Barcelona benar-benar mendapat tekanan dari tim tuan rumah. Laga baru berjalan beberapa menit peluang sudah didapat Torres dan Djibril Sow.

Sebenarnya, tuan rumah Frankfurt mendapat peluang membuka skor setelah wasit memberi penalti pada menit ke-37. Sergio Busquets dianggap melanggar Rafael Borre.

Namun, tak lama kemudian wasit malah menganulir keputusannya usai meninjau VAR. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Frankfurt akhirnya benar-benar memecah kebuntuan lewat gol spektakuler Knauff. Bola tendangan voli Knauff melesat ke pojok gawang Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Kombinasi satu-dua yang luar biasa antara Torres dan Frenkie de Jong berhasil dituntaskan Torres menjadi gol.

Barcelona memperoleh keuntungan setelah seorang pemain Frankfurt Tuta mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Pedri. Namun, Barcelona tak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain ini. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1.

 


Pulang dengan Gembira

Liga Europa Frankfurt Vs Barcelona
Perbesar
Penyerang Eintracht Frankfurt Rafael Santos Borre berebut bola dengan gelandang Barcelona Sergio Busquets pada laga leg pertama perempat final Liga Europa 2021/22 di Deutsche Bank Park, Jumat dini hari WIB (8/4/2022). Frankfurt dan Barcelona berbagi skor 1-1 . (AP Photo/Michael Probst)

Hasil imbang ini sekaligus membuat partai pada leg kedua nanti bakal berjalan lebih ketat lagi. Laga penentu selanjutnya akan digelar di markas Barcelona, Stadion Camp Nou, pada 14 April mendatang.

Meski demikian, Xavi Hernandez tampak sangat optimistis bisa memetik hasil lebih baik pada leg kedua. Barca seperti diketahui terpaksa tampil di Liga Europa setelah tersingkir dari ajang Liga Champions musim ini. Barcelona gagal melaju ke fase knock out usai menempati urutan ketiga di grup E.

"Mereka benar-benar lawan yang tangguh dan bergerak dari bertahan ke menyerang dengan sangat baik. Saya pikir ini akan jadi tekanan di (Camp Nou). Kami senang pulang dengan hasil ini," kata Xavi yang tidak lupa memuji proses terciptanya gol balasan Barcelona di kandang Frankfurt.

Menurutnya, kerjasama apik yang ditunjukkan Ousmane Dembele, Frenkie de Jong, dan Ferran Torres jadi kunci terciptanya gol tersebut. Sayang, dalam pertandingan ini, Barca harus kehilangan Pique pada menit ke-23. Kekasih penyanyi top Shakira itu ditarik ke luar dan digantikan oleh Clement Lenglet.

 

 


Kondisi Pique

Pique tampak memegang adduktor kirinya dan itu menjadi perhatian besar bagi Xavi Hernandez. Seperti diketahui, Pique telah memainkan peran penting musim ini. Pemain berpengalaman ini tampil luar biasa sejak kedatangan Xavi.

Pemain berusia 35 tahun ini telah mengelola kebugarannya dengan sangat baik musim ini, hanya absen dalam empat pertandingan di semua kompetisi.

Tapi dia sekarang bisa absen pada pertandingan leg kedua melawan Frankfurt di kandang sendiri minggu depan. Situasi ini tentunya sangat tidak diharapkan mereka.

Sebelumnya, Barcelona harus bertarung di kompetisi domestik setelah perjalanan ke Valencia untuk menghadapi Levante. "Kami berharap cederanya tidak parah," ujar Xavi berharap.

 Sementara itu, gelandang Barcelona, Ferran Torres, sebelumnya sempat memprediksi Frankfurt bakal jadi lawan menyulitkan. Meski begitu, mereka tetap optimistis bisa mengalahkannya.

"Bermain di Frankfurt untuk pertama kalinya itu spesial dan kami ingin pulang dengan kemenangan," kata Torres seperti dilansir situs resmi Barcelona.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya