Sukses

Ejek Bintang MU di Media Sosial, Remaja Ini Dibui 6 Bulan

Seorang remaja di Inggris divonis penjara enam bulan karena menghina pemain MU di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta- Seorang remaja bernama Justin Lee Price harus mendekam di penjara selama enam bulan. Justin mendapat hukuman berat karena melakukan penghinaan rasial kepada bintang Manchester United Marcus Rashford.

Justin didakwa bersalah melakukan ejekan kepada Marcus Rashford di media sosial. Celakanya ejekan yang dilontarkan Justin bernada rasis.

Pemuda 19 tahun itu menyerang Rashford via Twitter. Justin nampaknya kesal sekali dengan pemilik nomor 10 di MU itu setelah menjadi penyebab Inggris gagal juara Euro 2020.

Hinaan rasis dilontarkan Justin kepada Rashford setelah sang pemain gagal menjadi algojo saat adu penalti di final Euro 2020. Akibat kegagalan Rashford, Inggris kalah dari Italia.

"Justin Price menargetkan seorang pesepakbola berdasarkan warna kulitnya dan tindakannya jelas rasis dan kejahatan rasial," kata Mark Johnson, jaksa senior Crown untuk CPS West Midlands seperti dikutip dari Tribalfootball, Rabu (30/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Jera

Hukuman untuk Justin cukup berat karena untuk memberikan efek jera kepada fans sepak bola yang masih suka melakukan tindakan rasisme saat kecewa dengan hasil pertandingan.

"Mereka yang melecehkan pesepakbola secara rasial merusak permainan untuk semua. Saya berharap kasus ini mengirimkan pesan bahwa kami tidak akan mentolerir rasisme dan para pelanggar akan dituntut sesuai hukum yang berlaku," sambung Johnson.

3 dari 4 halaman

Netizen Indonesia

Serangan berbau rasisme di media sosial akhir-akhir ini cukup sering menimpa pesepakbola di Liga Inggris. Bahkan pelaku ada yang berasal dari Indonesia.

Akhir tahun lalu pemain Crystal Palace Wilfried Zaha membeberkan bukti hinaan rasial yang didapatnya via Direct Message di Instagram dari netizen Indonesia.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Marcus Rashford merupakan pemain sepak bola muda profesional Manchester United
    Marcus Rashford merupakan pemain sepak bola muda profesional Manchester United

    Marcus Rashford

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Berita Bola

  • Rasisme