Sukses

Berkurang Jauh, Indonesia Kirim 476 Atlet di SEA Games 2021 Vietnam

Indonesia nyaris mengurangi jumlah atlet sampai setengah dibandingkan pada 2019 di SEA Games 2021 Vietnam nanti

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 di Vietnam sebanyak 476 atlet . SEA Games tahun ini akan berlangsung dari 12-23 Mei mendatang.

Pengumuman Kontingen SEA Games Vietnam dilakukan di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (30/3/2022). Jumlah tersebut lebih sedikit daripada saat SEA Games Filipina yakni 841 atlet.

Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti mengatakan, penentuan jumlah tersebut dilakukan setelah melalui pengkajian dan rapat kordinasi bersama KONI.

"Indonesia mengirim 476 atlet dari 31 cabang olahraga. Jumlah tersebut lebih sedikit dari SEA Games di Filipina yakni sebanyak 841 atlet," ujar Chandra.

Meski lebih sedikit, Chandra mengatakan hal Indonesia tetap berharap hasil yang maksimal. Apalagi, SEA Games merupakan cabang pemanasan untuk Olimpiade.

Selain itu, Indonesia juga telah menetapkan 17 cabang yang masuk ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). "Jumlah itu diharap dapat raih hasil maksimal dari SEA Games sebelumnya." kata Chandra

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

31 Cabang Olahraga

Sebelumnya, Menpora sempat mengungkapkan Indonesia berkonsentrarsi di 17 cabang olahraga pada SEA Games 2022. Dari 17 cabang itu, 14 di antaranya merupakan prioritas antara lain bulu tangkis, angkat besi, panahan, atletik, menembak, panjat tebing, senam artistik, balap sepeda, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

14 cabang tersebut merupakan cabang yang masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Sementara, tiga cabang olahraga lainnya yaitu sepak bola, voli, dan basket.

 

3 dari 4 halaman

Dikurangi

Di sisi lain, jumlah kontingen Indonesia di SEA Games 2022 sejatinya mengalami pengurangan. Hal itu dilakukan demi mensiasati terbatasnya anggaran pemerintah.

Dengan keterbatasan anggaran, KOI juga harus membatas kuota pelatih dan tenaga pendukung yang dikirimkan ke SEA Games.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.