Sukses

Bogor LavAni Cetak Sejarah di PLN Mobile Proliga 2022, Bandung BJB Tandamata Kembali Gapai Juara

PLN Mobile Proliga 2022 melahirkan Bandung BJB Tandamata sebagai juara di kategori putri, dan tim debutan Bogor LavAni di kategori putra

Liputan6.com, Jakarta Grand Final PLN Mobile Proliga 2022 baru saja berakhir pada Minggu (27/3) malam di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor. Kompetisi ini melahirkan juara baru di kategori putra yang dicetak oleh tim debutan Bogor LavAni. Sementara di grup putri, Bandung BJB Tandamata kembali merengkuh gelar juara setelah 16 tahun.

Tim putra Bogor LavAni yang didukung langsung oleh pemilik klub, Presiden Republik Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono, membuat kejutan dengan menumbangkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator yang diunggulkan menjadi juara PLN Mobile Proliga 2022 dengan skor 3-2. Istimewanya, gelar juara tersebut direbut dalam penampilan pertamanya di kejuaraan yang mulai digelar 2002 tersebut.

Sebelumnya, tim putri Bandung BJB Tandamata berhasil membuktikan diri menjadi yang terbaik setelah membungkam Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1. Terakhir, tim ini berhasil menjadi juara pada Proliga 2006 saat masih bernama Bandung Artdeco Bank Jabar.

Hasil ini juga melengkapi agenda pembalasan Bandung BJB Tandamata kepada GPP dengan sempurna setelah kalah pada putaran pertama dan kedua. Sebelumnya, tim bertabur bintang ini sempat dibungkam oleh Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 1-3 dan 2-3. Setelah itu, Bandung BJB Tandamata berhasil merebut kemenangan pada Final Four PLN Mobile Proliga 2022 dengan kedudukan 3-2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momentum Positif Timnas Jelang Sea Games 2022

Dalam sambutannya pada upacara penutupan PLN Mobile Proliga 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali berharap keseruan partai final PLN Mobile Proliga 2022 ini akan berlanjut pada tahun depan. Selain itu, semangat pantang menyerah yang ditunjukkan oleh Bogor LavAni meskipun tertinggal dalam dua kesempatan dapat membawa inspirasi bagi tim nasional untuk kembali meraih medali emas di Sea Games 2022 di Hanoi, Vietnam.

"Mudah-mudahan cabang olahraga bola voli semakin bergairah dan disenangi oleh masyarakat. Karena terbukti, industri olahraga dapat menjadi pembangkit pertumbuhan ekonomi Nasional," ujarnya.

Ketua PBVSI Imam Sudjarwo melihat ajang PLN Mobile Proliga 2022 berhasil membuktikan di tengah pandemi, kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air ini mampu berjalan dengan sukses. Melihat antusiasme masyarakat, dia pun menilai semua pihak, dari klub, penyelenggara hingga para sponsor dapat dikatakan sebagai pemenang sesungguhnya.

"Terima kasih PLN yang sudah menjadi mitra penting PBVSI dalam gelaran ini. Juga pihak sponsor seperti Mikasa dan juga Emtek, yang tidak pernah berhenti mendukung kita agar kompetisi berjalan dengan lancar. Kita semua pemenang, hanya saja Bogor LaVanai dan Bandung BJB Tandamata mendapatkan lebih dibanding klub lainnya," tutur dia.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi, sebagai salah satu mitra utama PBVSI dalam gelaran PLN Mobile Proliga 2022 memberikan selamat kepada tim putra Bogor LavAni dan tim putri BJB yang berhasil menjadi yang terbaik pada kesempatan kali ini.

Dia pun berharap keberhasilan BJB dan Bogor LavAni dapat membawa momentum positif bagi persiapan tim nasional Indonesia menghadapi Sea Games di Vietnam yang akan berlangsung pada Mei 2022.

"PLN Mobile Proliga 2022 merupakan bagian pembinaan dari PLN untuk membuka kesempatan bagi para atlet voli untuk membuktikan kemampuannya di tingkat Nasional," ujarnya.

Menurutnya, berakhirnya PLN Mobile Proliga 2022 bukanlah akhir dari perjuangan para pemain untuk mencetak prestasi. Selain Sea Games Vietnam, masih ada ajang Asian Games 2022 di China, maupun PLN Mobile Proliga edisi selanjutnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Terbaik PLN Mobile Proliga 2022

Berikut ini adalah daftar lengkap peraih prestasi PLN Mobile Proliga 2022:

Kategori putri:

  • Juara Pertama : Bandung BJB Tandamata
  • Peringkat Kedua : Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
  • Peringkat Ketiga : Jakarta Mandiri Popsivo Polwan
  • Server Terbaik : Megawati, Jakarta Pertamina Fastron
  • Libero Terbaik : Yulis Indahyani, Bandung BJB Tandamata
  • Setter Terbaik : Pornpun Guedpard, Jakarta Mandiri Popsivo Polwan
  • Spiker Terbaik :  Mediol Stiovany Yoku, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia
  • Blocker Terbaik : Wilda Siti Nurfadhilah, Bandung BJB Tandamata
  • Top Scorer : Madeline Jazmin Guillen, Bandung BJB Tandamata
  • MVP/Pemain Terbaik : Nandita Ayu Salsabila, Bandung BJB Tandamata
  • Pelatih Terbaik : M. Alim Suseno

Kategori Putra:

  • Juara Pertama : Bogor LavAni
  • Peringkat Kedua : Surabaya Bhayangkara Samator
  • Peringkat Ketiga : Jakarta BNI 46
  • Server Terbaik : Farhan Halim, Jakarta Pertamina Pertamax
  • Libero Terbaik : Irpan, Bogor LavAni
  • Setter Terbaik : Nizar Zulfikar, Surabaya Bhayangkara Samator
  • Spiker Terbaik : Jorge Gonzales Garcia, Bogor LavAni
  • Blocker Terbaik : Osmany Camejo Durruthy, Jakarta BNI46
  • Top Scorer : Leandro Martins da Silva, Bogor LavAni
  • MVP/Pemain Terbaik : Doni Haryono, Bogor LavAni
  • Pelatih Terbaik : Jiang Jie, Bogor LavAni

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini