Sukses

Marc Marquez Dipastikan Absen pada MotoGP Argentina: Buntut Insiden di Sirkuit Mandalika

Gangguan diplopia membuat Marc Marquez harus menjalani terapi hingga tidak bisa tampil di MotoGP Argentina.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dipastikan absen pada MotoGP Argentina. Sebelumnya, Marquez juga tidak bisa tampil pada seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Indonesia. 

Kehadiran Marquez di seri Argentina memang sempat menyisakan tanda tanya besar. Hal itu tidak lepas dari kondisi The Baby Alien yang belum sepenuhnya pulih usai kecelakaan di MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022). Pada seri ini, Marquez mengalami high side pada sesi pemanasan. 

Dia terpental dari motornya saat berusaha melewati tikungan ke-7. Marquez sempat dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Meski kondisinya terlihat baik-baik saja, demi keselamatan Marquez akhirnya tidak diizinkan untuk ikut ambil bagian dalam sesi balapan resmi, sore harinya. 

Marquez kemudian diterbangkan ke Barcelona, Spanyol untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Dan belakangan diketahui, penyakit diplopia yang dialaminya kembali kambuh akibat kecelakaan itu. 

Absennya Marquez di MotoGP Argentina disampaikan langsung oleh tim Repsol Honda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Repsol Honda

"Marc Marquez mengunjungi dokter mata, Dr. Sánchez Dalmau, di Klinik Rumah Sakit di Barcelona Senin kemarin, di mana ia menjalani pemeriksaan kesehatan keduanya setelah kecelakaan dalam Pemanasan GP Indonesia seminggu yang lalu," tulis tim Repsol Honda. 

"Dalam pemeriksaan baru ini, Dr. Sánchez Dalmau mengkonfirmasi bahwa diplopia Marc Marquez menunjukkan peningkatan yang signifikan dan menegaskan kembali bahwa perkembangan penglihatannya sangat baik. Seperti yang terjadi pada episode terakhir diplopia, Marc Marquez akan terus melakukan perawatan konservatif dengan pemeriksaan rutin.

"Pembalap Tim Repsol Honda ini tidak akan ambil bagian dalam putaran berikutnya Kejuaraan Dunia MotoGP yang berlangsung akhir pekan ini di Argentina saat ia melanjutkan pemulihannya."

 

3 dari 4 halaman

Jalani Terapi

Sementara itu, Dr Sanchez Dalmau juga menambahkan keterangan terkait kondisi terbaru Marquez. Menurutnya, evaluasi neuro-oftalmologi kedua yang dilakukan pada Marc Marquez Senin lalu telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik bagi kelumpuhan saraf kanan keempat yang terkena dampak jatuh yang terjadi di MotoGP Mandalika 2022. "Pemulihan belum selesai, dan Marc Marquez harus mengikuti aturan terapi yang sudah ada dengan perawatan konservatif," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Juara 2019

Absennya Marquez tentu menjadi kehilangan besar bagi MotoGP Argentina yang baru bergulir lagi setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Seperti diketahui, Marquez merupakan pemenang MotoGP terakhir di Sirkuit Autódromo Termas de Río Hondo tahun, 2019.

MotoGP Argentina akan berlangsung pada akhir pekan ini. Simak jadwal lengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.