Sukses

PLN Mobile Proliga 2022 Berakhir, Menpora Berharap Kompetisi Tahun Depan Makin Ketat

Menpora ingin yang lahir dari kompetisi Proliga adalah tim nasional yang tangguh dan membanggakan bangsa Indonesia,

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, berharap persaingan kompetisi Proligaakan berjalan semakin ketat. Ini sejalan dengan masuknya cabang olahraga bola voli dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON.

"Mudah-mudahan persaingan untuk kompetisi Proliga tahun depan semakin seru, semakin ketat dan akhirnya tim nasional kita yang akan terbentuk, yang lahir dari kompetisi Proliga adalah tim nasional yang tangguh dan kuat dan membanggakan seluruh bangsa Indonesia," kata Menpora saat menutup kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2022 di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kuntoro, Sentul Bogor, Minggu malam (27/3/2022).

Menpora Amali juga mengingatkan bahwa di depan Indonesia akan menghadapi SEA Games 2022 di Hanoi Vietnam. Diharapkan tim bola voli putra mamou mempertahankan medali emas yang diraih pada SEA Games 2019 lalu di Manila, Filipina.

"SEA Games di Hanoi Vietnam medali emas ini insya Allah harus bisa kita pertahankan dan saya yakin dan percaya dengan kualitas para pemain dengan kompetisi yang dilakukan ini, Insya Allah kita masih bisa mempertahankan medali emas di Hanoi Vietnam yang akan datang," kata Menpora, seperti dikutip dari laman Kemenpora.go.id.

Sementara itu, penutupan kompetisi Proliga ini ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama Presiden Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum PP PBVSI, Komjen Pol (Purn). Drs. Imam Sudjarwo, Direktur Utama Entertainment Group (IEG), Hendy Lim dan Direktur Proliga Hanny S. Surkatty.

"Dengan senantiasa mengharapkan ridho dan rahmat Allah subhanahu wa ta'ala, atas nama pemerintah dengan ucapan syukur alhamdulillahirobbil alamin, saya menyatakan dengan resmi menutup kompetisi PLN Mobile Proliga 2022," kata Menpora Amali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangga

Menpora Amali juga turut mengalungkan medali dan menyerahkan piala kepada tim Bogor LavAni yang berhasil menjuarai kompetisi Proliga PLN Mobile 2022 ini setelah mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator dalam pertandingan grand final yang berlangsung 5 set.

"Kita bersyukur dan berbangga tahun ini Bogor LavAni sebagai pendatang baru menjadi juara, ini sebagai pertanda kalau pembinaannya sungguh-sungguh dan juga terlihat di dalam kerjasama tim yang baik maka hasilnya tidak akan membohongi proses. Saya berharap ini menjadi contoh yang baik buat klub-klub yang lainnya," katanya.

3 dari 4 halaman

Sponsor

"Selamat untuk pelaksanaan kompetisi, terimakasih kepada PBVSI, panitia dab terimakasih kepada klub-klub dan tak lupa khususnya terima kasih kepada para sponsor, sebab kalau tanpa sponsor pasti kompetisi ini tidak akan bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya Menpora Amali menyaksikan grand final PLN Mobile Proliga 2022 antara Bogor LavAni vs Surabaya Bhayangkara Samator. Hadir dalam acara ini pendiri Bogor Lavani, Susilo Bambang Yudhoyono, Ketum PP PBVSI, Imam Sudjarwo, Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Pembina Bogor Lavani, Agus Harimurti Yudhoyono.

Kemudian ada juga Ketua Fraksi DPR RI sekaligus Pembina Bogor Lavani, Edhi Baskoro Yudhoyono, Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan, dan Mantan Menpora RI, Andi Mallarangeng.

4 dari 4 halaman

Kejutan

Seperti diberitakan sebelumnya, Bogor LavAni menjuarai PLN Mobile Proliga 2022 usai mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator 3-2 (25-27, 25-19, 20-25, 25-18, 15-10).

Prestasi ini sejarah untuk Bogor LavAni. Sebab, dalam debutnya di kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia, Bogor LavAni langsung meraih gelar juara.

"Ini kejutan. Saya terkejut karena kami baru pertama kali tampil langsung juara," kata putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono, usai menyaksikan langsung perjuangan Dio Zulfikri dan kawan-kawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.