Sukses

Swiss Open 2022: Jonatan Christie Tidak Menyangka Lolos ke Final

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie akan menghadapi wakil India Prannoy H.S di final Swiss Open 2022.

Liputan6.com, Basel - Jonatan Christie melaju ke final Swiss Open 2022 setelah menyingkirkan Kidambi Srikanth asal India. Tunggal putra Indonesia itu menang rubber gim 18-21, 21-7, dan 21-13 di St Jakobshalle, Basel, Minggu (27/3) dini hari WIB.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, benar-benar tidak menyangka bisa melangkah ke final Swiss Open 2022. Dia pun tidak henti menguncapkan syukur.

"Puji Tuhan, saya benar-benar tidak menyangka bisa lolos ke final. Ini merupakan berkat dan anugerah Tuhan memberikan saya kesempatan untuk tampil di final," ucap Jonatan usai laga semifinal Swiss Open dalam rilis PP PBSI.

"Setelah apa yang terjadi di Jerman, saya Covid, sekarang bisa ke final itu luar biasa rasanya. Saya akan berusaha lagi untuk menampilkan kemampuan terbaik dan maksimal," lanjut pebulu tangkis peringkat delapan dunia itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalannya laga

Jonatan sempat kehilangan gim pertama sebelum memenangkan dua gim berikutnya untuk menyingkirkan Kidambi. "Di awal gim saya langsung menerapkan permainan menyerang, tetapi ternyata lawan sudah mengantisipasinya, dia malah nyaman dengan pola ini," tutur Jojo.

"Di gim kedua dan ketiga, saya coba mengubah strategi dengan bermain lebih tenang dan menjauhkan bola dari jangkauannya. Pola ini efektif dan berhasil membuat dia kewalahan."

"Apalagi kondisinya terlihat kelelahan, jadi saya terus memaksa untuk terus menjauhkan bola," ucap Jojo menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Pemain India

Di final, Jonatan akan menghadapi Prannoy H.S. Wakil India itu mengalahkan tunggal putra Indonesia lainnya Anthony Sinisuka Ginting 19-21, 21-19, dan 18-21 di semifinal.

"Saya akan mewaspadai permainan Prannoy. Dia cukup ulet dan berbahaya serangannya," ujar Jojo mengenai laga melawan Prannoy.

"Sebenarnya Ginting bermain sudah bagus, tapi kurang beruntung. Saya berharap dia bisa menang. Tetapi, ya memang belum rezeki."

 

4 dari 4 halaman

Ganda putra

Selain Jonatan Christie, Indonesia juga meloloskan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ke final. Fajar/Rian mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia melalui rubber game 22-20, 13-21, dan 21-8.

Di final, pasangan yang dikenal dengan panggilan Fajri itu akan menghadapi ganda putra Malaysia lainnya Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Goh/Nur mengalahkan pasangan muda Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di semifinal.

Final Swiss Open 2022 akan dimainkan mulai pukul 11:00 waktu Basel atau pukul 17.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.