Pebasket NBA Justin Holiday Tambah Koleksi Batik Blitar

Oleh Harley Ikhsan pada 26 Mar 2022, 19:38 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 19:43 WIB
Bangga! Batik Tulis Blitar Dipesan Khusus oleh Pebasket Justin Holiday untuk Dipromosikan di NBA
Perbesar
Makin mendunia, batik tulis khas Blitar dipesan oleh pebasket NBA Justin Holiday. (Instagram/justholla7).

Liputan6.com, Jakarta - Pebasket NBA Justin Holiday terus menunjukkan cintanya terhadap batik. Pemain Sacramento Kings ini menambah koleksi karya seni asli Indonesia tersebut.

Teranyar Holiday memamerkan fotonya mengenakan batik khas Blitar, Jawa Timur, melalui akun instagram @justholla7. Sebelumnya Holiday membagikan aksinya membuka kiriman dari Pusat Batik Mawar Putih.

"Terima kasih tidak cukup untuk Yogi yang sudah meluangkan waktu membuat batik ini dan memberi saya bagian dari budaya Indonesia," tulis Holiday.

Batik Blitar yang dikenakan Holiday diketahui karya pasangan Yogi Rosdianta dan Santika.

"Rasanya pasti sangat bangga dan senang sekali, karena batik itu kan memang salah satu seni budaya asli Indonesia, yang benar-benar merepresentasikan, dan itu mendapat apresiasi yang sangat luar biasa di luar sana," ujar Yogi dalam acara Instagram Live Liputan6 bertajuk ‘Batik Blitar Menggapai Bintang NBA’ pada Senin, 14 Februari 2022.


Kenal di Pameran

Bangga! Batik Tulis Blitar Dipesan Khusus oleh Pebasket Justin Holiday untuk Dipromosikan di NBA
Perbesar
Makin mendunia, batik tulis khas Blitar dipesan oleh pebasket NBA Justin Holiday. (Instagram/justholla7).

Yogi mengenal Holiday pada tahun lalu. Saat itu, dia sedang terlibat projek kerja sama dengan Kiara Fashion untuk mengikuti sebuah pameran di Amerika Serikat (AS). Di acara itulah, Yogi bertemu dan berbincang dengan pebasket 33 tahun tersebut.

Singkatnya, perbincangan itu berujung pada pesanan batik tulis khusus bagi Justin. Ia meminta motif khas Indonesia. Motif itu juga dipadu ornamen yang mencirikan klub yang pernah diperkuat Justin, Indiana Pacers.


Beda Budaya

Bangga! Batik Tulis Blitar Dipesan Khusus oleh Pebasket Justin Holiday untuk Dipromosikan di NBA
Perbesar
Makin mendunia, batik tulis khas Blitar dipesan oleh pebasket NBA Justin Holiday. (Dok/Yogi Rosdianta).

Saat itu, Justin Holiday masih memperkuat Pacers dan baru pindah ke Kings di tahun ini. Yogi menyambut tawaran itu dengan senang. Dia segera membuat konsep sesuai pesanan Justin, dengan memadukan ikon khas Indonesia khususnya Kota Blitar.

"Setelah itu memang ada beberapa revisi, tapi itu terkait dengan perbedaan budaya antara di sini dan di sana (AS)," terangnya.


Karier Holiday

James Harden Cetak 45 Poin, Houston Rockets Tetap Kalah dari Indiana Pacers
Perbesar
Justin Holiday (kanan) kala membela Indiana Pacers. (Kim Klement/Pool Photo via AP)

Holiday sudah malang melintang di NBA dan membela tujuh klub. Mulai dari Philadelphia 76ers, Golden State Warriors, Atlanta Hawks, New York Knicks, Chicago Bulls, Memphis Grizzlies, Pacers, dan kini Kings.

Dia mencoba masuk NBA pada tahun 2011 lewat draft. Sayangnya ketika itu dia tak terpilih. Gagal di NBA Draft 2011, Holiday memilih hijrah ke Belgia bersama Okapi Aalstar. Kesempatan Holiday main di NBA baru datang pada April 2013 kala direkrut Sixers.

Pria 32 tahun itu sempat merasakan menjadi juara NBA pada tahun 2015 bersama Golden State Warriors. Namun saat itu Holiday jarang mendapatkan kesempatan bermain.


Infografis

Infografis Motif-Motif Batik Indonesia
Perbesar
Infografis motif-motif batik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya