Saksikan Laga BRI Liga 1, Erick Thohir Beber 3 Kunci Kompetisi Sepak Bola Bisa Sukses

Oleh Luthfie Febrianto pada 26 Mar 2022, 06:59 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 07:30 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)
Perbesar
Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja nyata untuk meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. (Dok BUMN)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir membeberkan tiga kunci agar sepak bola bisa sukses. Hal itu dipaparkan dia usai menyaksikan laga Persebaya Surabaya vs Bali United di pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022.

"Sebenarnya ada tiga. Yang pertama itu kompetisinya harus bersih," kata Erick di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat 25 Maret 2022.

Erick menambahkan, ekosistem sepak bola yang bersih sangat penting. Pasalnya, hal itu akan berdampak kepada daya tarik masyarakat dan sponsor.

Menurut Erick, kompetisi yang tidak bersih hanya akan membuat penyelenggarannya tidak maksimal.

Faktor kedua yang tak kalah penting adalah sponsor. Menurut Erick, kompetisi sepak bola yang bagus pastinya akan mendatangkan sponsor dan uang yang lebih banyak.

"Itu akhirnya akan meningkatkan ekonomi secara menyeluruh juga," ujarnya.

Pertandingan BRI Liga 1 Persebaya vs Bali United sendiri berakhir dengan kedudukan 3-0 untuk Persebaya. Namun Bali United tetap dipastikan menjadi juara.


Pembinaan

Foto: Selebrasi Pemain Bali United usai Jadi Juara BRI Liga 1 2021/2022
Perbesar
Serdadu Tridatu, julukan Bali United, meraih gelar juara Liga 1 musim ini setelah Persib Bandung bermain imbang 0-0 lawan Persik Kediri, Jumat (25/3/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Faktor terakhir, kata Erick adalah pembinaan. Menurut dia, tim nasional yang baik akan mendorong liga juga baik.

Erick mencontohkan Amerika Serikat dengan Liga MLS-nya. "Kita lihat Amerika Serikat dulu tidak punya liga, timnasnya baik. Tetapi dengan mereka punya liga, timnas Amerika sekarang cukup stabil," kata Erick.


Dampak Ekonomi

Di sisi lain, Erick juga menyinggung dampak BRI Liga 1 kepada ekonomi. Dengan berputarnya kompetisi, sektor ekonomi seperti UMKM juga mendapatkan manfaatnya.

"Ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi yang jualaan seperti UMKM, para pemain dll. Paling tidak menggulirkan ekonomi juga," kata Erick.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya