Sukses

Duel Finalissima Italia Vs Argentina bakal Berlangsung di Wembley

Duel antara Italia vs Argentina akan berlangsung tengah tahun ini. Duel bertajuk Finalissima itu rencananya bakal dihelat di stadion Wembley, 1 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta Duel antara Italia vs Argentina akan berlangsung tengah tahun ini. Duel bertajuk Finalissima itu rencananya bakal dihelat di stadion Wembley, 1 Juli 2022.

Disebut Finalissima lantaran Italia dan Argentina berstatus juara di konfederasi masing-masing. Argentina mewakili Conmebol atau Amerika Latin, sementara Italia mewakili Eropa atau UEFA.

Argentina menjuarai Copa America 2021 usai mempecundangi Brasil. Sementara, Italia menjadi kampiun Euro 2022 setelah menumbangkan Inggris.

"Duel ini akan membeirkan kesempatan kepada fans melihat juara terbaik di dunia bertemu di laga Conmebol-UEFA Cup of Champions," tulis UEFA dalam pernyataan resminya.

Duel antara juara Conmebol (Copa America) dengan UEFA (Euro) bukan kali pertama. Pada 29 tahun lalu tepatnya 1993, Denmark bertemu Argentina di Artemio Franchi, Italia.

Dalam pertandingan tersebut, Argentina memenangkan duel dengan adu penalti. Setelahnya, tidak ada lagi duel antara juara Copa America dan Euro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menghibur di tengah Covid

UEFA menambahkan, duel Italia vs Argentina dihelat demi kepentingan fans di seluruh dunia. Menurut UEFA, duel ini penting di tengah situasi sulit seperti pandemi.

"Ini menjadi katalis untuk perkembangan sepak bola secara global yang menyatukan banyak negara, benua, dan budaya," ujar UEFA.

"Serta menunjukkan kepad afans di seluruh dunia bahwa sepak bola menghibur di saat sulit seperti sekarang," ujar UEFA lagi.

3 dari 5 halaman

Trofi yang Pernah Diraih Argentina

Piala Dunia: 2

Copa America: 15

Piala Konfederasi: 1

Interkontinental: 1

Panamerican Championship: 1

 

4 dari 5 halaman

Trofi yang Pernah Diraih Italia

Piala Dunia: 4

Piala Eropa: 2

5 dari 5 halaman

Infografis Covid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.