Sukses

Juara MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira Klaim Status Penakluk Sirkuit Baru

Fakta unik terkuak di balik kesuksesan Miguel Oliveira menjuarai MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Fakta unik terkuak di balik kesuksesan Miguel Oliveira menjuarai MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Pembalap KTM tersebut mengukuhkan diri sebagai penakluk sirkuit anyar.

Oliveira menyelesaikan 20 putaran di Sirkuit Mandalika untuk memenangkan balapan keempat sepanjang kariernya pada kelas utama. Sebelumnya dia berjaya pada seri Styria 2020, Portugal 2020, dan Catalunya 2021.

Ada kesamaan antara capaian Oliveira di Mandalika dan Portugal dua tahun lalu. Dia berjaya di sirkuit anyar yang baru digunakan.

Seperti diketahui, Mandalika baru masuk kalender MotoGP pada 2022. Semula sirkuit di Nusa Tenggara Barat ini dipersiapkan untuk kompetisi 2020, tapi ditunda karena Covid-19.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang mundur dari penyelenggaraan. Sejumlah lokasi juga membatalkan diri akibat krisis kesehatan global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Juara di Kampung Halaman

Dorna selaku operator MotoGP mengatasi kondisi ini dengan menggelar seri ganda di satu sirkuit. Solusi lain adalah menunjuk lokasi anyar untuk melengkapi kompetisi, salah satunya Portugal.

Algarve International Circuit pun menjadi seri penutup 2020 dengan Oliveira keluar sebagai pemenang di kampung halaman.

 

3 dari 5 halaman

Juga Berjaya di Finlandia?

Selain Mandalika, MotoGP 2022 juga menghadirkan lokasi baru di Finlandia. Patut ditunggu apakah Oliveira mampu mempertahankan tren dan berjaya di KymiRing.

Seri tersebut masuk urutan ke-12 dan dijadwalkan berlangsung 10 Juli mendatang.

4 dari 5 halaman

Ungguli Quartararo dan Zarco

Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira membuat kejutan besar di MotoGP Mandalika 2022. Pria Portugal itu berhasil menjadi juara pada balapan basah di Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3/2022).

Kemenangan Oliveira sungguh luar biasa. Dia memulai balapan dari posisi ketujuh. Balapan yang berlangsung dalam kondisi basah menguntungkan Oliveira. Dia mampu melesat ke depan dan terus melebarkan jarak dengan pembalap di belakangnya.

Oliveira akhirnya finis pertama di Sirkuit Mandalika disusun Fabio Quartararo dari Yamaha dan Johann Zarco dari Pramac Ducati. 

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.