Sukses

Melaju ke Final, Simak Rangkaian Perjalanan Fikri/Bagas di All England 2022

Pasangan muda Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana sukses menumbangkan The Minions dalam semifinal All England 2022, Sabtu (19/3/2022) lewat rubber game, 22-20, 13-21, 21-16.

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra bulu tangkis Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana membuat kejutan di All England 2022.

Keduanya tembus ke final usai menumbangkan senior sekaligus kompatriotnya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dalam laga semifinal yang berlangsung sengit, Sabtu (19/3/2022) malam WIB.

Sempat tertinggal 17-18 usai unggul jauh di awal game pertama, Fikri/Bagas pantang menyerah. Duo muda ini terus melancarkan serangan hingga memaksa permainan menjadi deuce dan merebut set pembuka dengan 22-20.

Di game kedua, Kevin/Marcus tampil lebih percaya diri. Pasangan yang bertengger di peringkat satu dunia itu tancap gas dan membalikkan keadaan hingga mengamankan game kedua dengan skor akhir 21-13. Pertandingan mau tak mau berlanjut ke game ketiga.

Set penentu tersaji makin panas. Kedua pasangan jelas tak ingin melepaskan match begitu saja. Namun, Fikri/Bagas kembali membuktikan dirinya tak bisa dipandang remeh. Keduanya terus menjaga keunggulan hingga berjaya 21-16 atas Kevin/Marcus.

Capaian tersebut membawa Fikri/Bagas merebut tiket ke final. Sementara itu, The Minions yang menyandang predikat sebagai juara All England edisi 2017 dan 2018 harus mengakui keunggulan juniornya di laga kali ini.

Simak perjalanan lengkap Fikri/Bagas di All England 2022 hingga melaju ke babak final pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Debut All England

All England 2022 merupakan laga debut Fikri/Bagas di turnamen ini. Meski baru sekali menjejakkan kaki di ajang bulu tangkis tertua dunia tersebut, pasangan muda Indonesia ini mampu menunjukkan penampilan impresif sejak babak pertama.

Berhadapan dengan sesama pemain muda Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di fase 32 besar, Fikri/Bagas melenggang nyaman ke babak kedua usai menang straight game 21-18 dan 21-19.

Fikri/Bagas sejatinya kalah dari segi rangking dibanding Pram/Yere. Finalis All England 2022 itu diketaui masih bertengger di peringkat 28, terpaut tujuh setrip dari Pram/Yere di posisi ke-21.

Meski demikian, rekor ini tak membuat Fikri/Bagas gentar menghadapi perlawanan sang kompatriot. Alhasil,tiket menuju 16 besar menjadi milik keduanya.

3 dari 6 halaman

Menghadapi Lawan Tangguh

Usai menuntaskan babak perdana, Fikri/Bagas harus menemui jalan terjal untuk melaju ke partai puncak All England 2022. Duo muda ini dinanti oleh ganda putra Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang berstatus sebagai unggulan kedelapan di turnamen tersebut.

Kalah dari segi ranking dan jam terbang tak serta-merta membuat Fikri/Bagas kehilangan performa terbaiknya. Pasangan yang baru berusia 20-an ini sanggup menumbangkan perlawanan Ong/Teo dengan skor akhir 24-22, 13-21, dan 21-17.

4 dari 6 halaman

Sihir Fikri/Bagas

Sihir Fikri/Bagas kembali berlanjut di delapan besar. Pasangan ini dihadapkan dengan pemain tangguh Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang baru saja menyabet gelar juara dunia pada penghujung tahun 2021.

Sempat tercecer 16-21 di game pembuka, Fikri/Bagas menyamakan kedudukan usai menang dengan skor identik 21-16 pada set kedua. Pertandingan lantas berlanjut ke game penentu.

Fikri/Bagas terus menempel perolehan poin pasangan Jepang pada awal set ketiga. Namun, keduanya tertinggal 17-20 di akhir game. Kedudukan ini tak pelak mmenurunkan level permainan pasangan Indonesia.

Fikri/Bagas tetap bermain nothing to lose. Tiga match point opportunity berhasil diselamatkan, hingga game berakhir dengan 22-20 untuk keunggulan pasangan Indonesia.

5 dari 6 halaman

Babak Final

Fikri/Bagas selanjutnya akan menghadapi pemenang laga semifinal antara Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan vs He Ji Ting/Tan Qiang di partai puncak. Final all Indonesian mungkin akan tersaji jika The Daddies sanggup menuntaskan perlawanan pasangan China.

Terlepas dari hal itu, prestasi Fikri/Bagas menembus final All England 2022 patut diacungi jempol. Hasil ini juga menandai kesuksesan Indonesia dalam melakukan regenerasi, khususnya di sektor ganda putra.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.