Sukses

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Subvarian Omicron BA.2 Ditemukan di 19 Provinsi

Subvarian Omicron BA.2 ternyata telah menyebar di 19 provinsi di Indonesia. Demikian diungkapkan Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito pada Selasa (15/3/2022) WIB.

Liputan6.com, Jakarta Subvarian Omicron BA.2 ternyata telah menyebar di 19 provinsi di Indonesia. Demikian diungkapkan Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito pada Selasa (15/3/2022) WIB.

"Berdasarkan data Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) tanggal 13 Maret lalu, sejak Januari tahun 2022 terlihat kenaikan Omicron BA.2," ungkap Wiku menjawab pertanyaan Health Liputan6.com di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 15 Maret 2022.

"Dan jumlahnya telah mencapai 8.302 sekuens di Indonesia. Saat ini, varian itu terdeteksi di 19 provinsi." ujarnya menambahkan.

Omicron BA.2 merupakan turunan dari vairan Omicron. Subvarian ini terdeteksi di Indonesia sejak 2022 dan terus dipantau oleh Pemerintah perkembangannya.

Berasarkan data GISAID terbaru, Indonesia sudah melaporkan sekitar 8.273 sekuens untuk keseluruhan total viarna Omicron. Dari data tersebut, terjadi penambahan 452 sekuens (93,8 persen) yang dikonfirmasi pada 4 pekan terakhir.

Omicron BA.2 sendiri diketahui memiliki sekitar 363 subvarian yang telah terdeteksi di Indonesia. Keterangan itu didapat dari Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi .

"Sudah kami sampaikan, Omicron BA.2 sudah ada 363 varian, tapi memang jumlahnya lebih kecil BA.1. BA.1 yang mendominasi khususnya varian Omicron di Indonesia," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Patuhi Kesehatan

Kendati lebih kecil, ia meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat diminta tetap memakai masker dan segera melakukan vaksinasi.

"Hasil pengamatan kami hingga saat ini terkait karakteristik Omicron BA.2 ini memiliki tingkat transmisi yang tinggi atau lebih cepat menular serta tingkat keparahan apabila seseorang terinfeksi," lanjut Nadia..

3 dari 3 halaman

Infografis Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Adalah

  • Omicron BA.2