Sukses

Lepas Parade, Jokowi Ungkap Alasan Tak Ikut Konvoi Bersama Pembalap MotoGP

Jokowi sebenarnya ingin ikut parade bersama pembalap MotoGP, tapi dilarang dengan alasan keamanan

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak mengikuti konvoi bersama 20 pembalap MotoGP. Jokowi hanya melepas iring-iringan pembalap di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/3/2022).

Para pembalap selepas dari Istana Merdeka berkeliling di jalan utama Jakarta. Sambutan masyarakat terlihat sangat meriah menyaksikan iring-iringan pembalap.

Jokowi mengaku sebenarnya sangat ingin mengikuti parade, tapi dilarang. "Tidak diperbolehkan, karena alasan keamanan," kata Presiden Jokowi pada media.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pembalap MotoGP tiba di Istana Merdeka untuk beraudensi dengan presiden. Mereka datang Mengenakan baju lengkap untuk balapan.

Jokowi yang mengenakan jaket merah bertuliskan G20 langsung menyambut kedatangan para pembalap. Mereka kemudian memperkenalkan dirinya pada presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serius

Jokowi kemudian terlibat pembicaraan dengan para pembalap. Marc Marquez terlihat cukup serius menyimak obrolan dengan Jokowi.

Usai berbincang dengan para pembalap, Jokowi mengajak mereka ke halaman Istana. Mereka kemudian berfoto bersama. Momen ini dimanfaatkan presiden untuk memperkenalkan motor kesayangannya.

3 dari 3 halaman

Parade

Selanjutnya, Jokowi didmpingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas keberangkatan rombongan parade di halaman Istana.

Marc Marquez, Johann Zarco, dan Pol Espargaro ada di barisan terdepan deretan pembalap MotoGP yang akan mengikuti parade. Marc Marquez langsung melesat memimpin rombongan parade keluar dari halaman Istana menuju Jalan Merdeka Barat. Sepanjang perjalanan mereka disambut hangat masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.