Sukses

6 Fakta Emtek Group Resmi Jadi Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2022 Qatar

Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group telah resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group telah resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022. Turnamen sepak bola akbar antarnegara ini bakal berlangsung di Qatar akhir tahun ini, yakni mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

Sebagai pemegang hak siar, Emtek bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV, dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

Sementara itu, berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Tak hanya itu, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20. Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada tahun 2023 mendatang.

"Yang menjadi spesial adalah, selain FIFA World Cup, Emtek Group juga menjadi pemilik hak siar untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Turnamen ini akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2023 dan PSSI mengirimkan wakil pada kejuaraan ini," ujar Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono dalam pengumuman resmi di Lt8 SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Berikut sederet fakta terkait Emtek Group yang telah resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022 dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Resmi Pegang Hak Siar Piala Dunia 2022 di Qatar

Elang Mahkota Teknologi (Emtek) resmi menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022. Turnamen sepak bola akbar antarnegara ini bakal berlangsung di Qatar akhir tahun, 21 November - 18 Desember 2022.

Pengumuman resmi disampaikan dalam jumpa pers yang berlangsung di SCTV Tower Lt 9, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Acara ini juga diikuti berbagai media lewat teleconference via Zoom.

Sebagai pemegang hak siar, Emtek bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, kepada wartawan mengatakan, pihaknya sangat bangga mendapat kepercayaan sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

"Tahun ini kami dengan bangga mempersembahkan FIFA World Cup 2022," ujar Sutanto dalam sambutannya, Selasa (15/3/2022).

"Sejarah baru, karena Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Perbedaan waktu yang tidak terlalu besar dengan Indonesia, membuat jam tayang Piala Dunia 2022 berada di waktu yang strategis bagi Indonesia," kata Sutanto menambahkan.

3 dari 7 halaman

2. Bukan Kali Pertama Emtek Group Siarkan Laga Dunia

Bukan kali ini saja Emtek Group terlibat dalam event olahraga akbar dalam maupun luar negeri.

Sebelumnya, Emtek Group melalu berbagai unit usahanya sudah dipercaya menayangkan siaran langsung Liga Champions, Olimpiade, Asian Games, hingga turnamen sepak bola BRI Liga 1.

4 dari 7 halaman

3. Siarkan Piala Dunia U-20

Sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20. Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada tahun 2023 mendatang.

"Yang menjadi spesial adalah, selain FIFA World Cup, Emtek Group juga menjadi pemilik hak siar untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Turnamen ini akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2023 dan PSSI mengirimkan wakil pada kejuaraan ini," ucap Sutanto.

"Untuk memudahkan masyarakat mengakses, Emtek Group mengerahkan seluruh pertandingan disiarkan secara langsung oleh SCTV, Indosiar, dan Mentari TV," kata Sutanto menambahkan.

Turnamen Piala Dunia U-20 seharusnya berlangsung di Indonesia pada tahun 2021 lalu. Namun kejuaraan kelompok umur ini terpaksa diundur penyelenggaraannya karena pandemi Covid-19. Turnamen ini diikuti oleh 24 negara, termasuk Indonesia yang lolos sebagai jatah tuan rumah.

5 dari 7 halaman

4. Siaran Ekslusif

Sutanto juga menjelaskan kalau hak siar yang didapatkan Emtek Group sesuatu yang ekslusif. Maka itu, hak siar tidak bisa dibagikan ke pihak lain.

"Yang membedakan kali ini hak siar didapatkan satu grup bukan pihak ketiga. Kami baru umumkan karena banyak hal yang diurus," kata dia.

6 dari 7 halaman

5. Tak Dapat Izin Jual Merchandise

Seperti layaknya Piala Dunia edisi sebelumnya, penjualan merchandise dan nonton bareng atau Nobar juga kerap menjadi bagian menarik dari sebuah event. Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono pun memberi penjelasan soal ini kepada wartawan.

"Kami mendapatkan semua hak siar lewat Emtek Group kecuali satu yaitu merchandise. Itu dijual langsung oleh FIFA dan tentu sudah menunjuk partner-partner mereka untuk penjualan," kata Sutanto Hartono.

"Paling kami hanya mencetak kaos sebagai ofisial partner FIFA yang menayangkan Piala Dunia 2022 dan itu mungkin dibagikan agar masyarakat tahu," dia menambahkan.

7 dari 7 halaman

6. Tetap Dapat Hak Izin Lakukan Nobar

Di sisi lain, Sutanto memastikan kalau nobar harus mendapatkan izin dari Emtek Group. Soalnya, nobar sudah termasuk dalam kontrak kerja sama yang didapatkan dari FIFA.

"Nobar itu kan berhubungan dengan tontonan atau menonton pertandingan. Jadi harus ada izin dari kami sebagai ofisial partner dari FIFA," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.