Sukses

Jadwal Piala Dunia 2022 di Qatar, Tayang di Emtek Group sebagai Official Broadcaster

Elang Mahkota Teknologi (Emtek) menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022. Pesta sepak bola termegah di muka bumi itu berlangsung di Qatar pada akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Elang Mahkota Teknologi (Emtek) menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022. Pesta sepak bola termegah di muka bumi itu berlangsung di Qatar pada akhir tahun, tepatnya 21 November hingga 18 Desember 2022.

Pengumuman resmi disampaikan dalam jumpa pers yang berlangsung di SCTV Tower Lt 9, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Acara ini juga diikuti berbagai media lewat teleconference via Zoom.

Sebagai pemegang hak siar, Emtek bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com. 

"SCTV dan Indosiar akan menjadi jangkar bagi siaran Piala Dunia 2022. Pertandingan pertama hingga final akan berlangsung di SCTV dan Indosiar tayang dari perempat final. Sementara untuk Mentari TV dan O Channel akan menayangkan pertandingan  bergantian," kata Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono.

Kepada wartawan, Sutanto mengatakan pihaknya sangat bangga mendapat kepercayaan sebagai pemegang hak siar Piala Dunia Qatar. 

"Sejarah baru, karena Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Perbedaan waktu yang tidak terlalu besar dengan Indonesia, membuat jam tayang Piala Dunia 2022 berada di waktu yang strategis bagi Indonesia," tambah Sutanto. 

Bukan kali ini saja Emtek Group terlibat dalam event olahraga akbar dalam maupun luar neegeri. Sebelumnya, Emtek Group melalu berbagai unit usahanya sudah dipercaya menayangkan siaran langsung Liga Champions, Olimpiade, Asian Games, hingga turnamen sepak bola BRI Liga 1. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piala Dunia Qatar

Piala Dunia Qatar 2022 sendiri bakal diikuti oleh 32 tim. Pertandingan akan berlangsung di delapan venue di lima kota yang ada di Qatar. Ini menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di negara Arab.

Berbeda dari edisi sebelumnya yang digelar di musim panas, FIFA sengaha menggeser Piala Dunia 2022 ke akhir tahun. Hal ini guna mengurangi dampak suhu panas yang ekstrem di Timur Tengah.

Sebagai tuan rumah, Qatar mendapat kesempatan lolos ke putaran final. Sementara juara bertahan Prancis dipastikan bakal terbang ke Qatar setelah berhasil melewati babak kualfikasi dengan mulus. Piala Dunia 2022 juga akan diramaian oleh timnas Belanda yang sempat absen di Piala Dunia Rusia.

3 dari 4 halaman

Waktu Tayang Strategis

Menurut Sutanto, dari 64 pertandingan Piala Dunia 2022, sebanyak 40 di antaranya akan berlangsung pada pukul 17.00 WIB. Sementara 24 laga lainnya berlangsung pukul 02.00 WIB. 

"Khusus untuk partai terakhir pada babak penyisihan di mana pertandingannya digelar bersamaan, maka 1 pertandingan akan tayang di SCTV, plus Mentari TV dan O Channel secara bergantian, dan satu pertandingan lainnya khusus tayang secara live streaming di Vidio," kata Sutanto. 

Sutanto juga menambahkan, jangkauan tayangan Piala Dunia 2022 juga bakal lebih luas menyusul diberlakukannya tv digital di Indonesia.

"Sewaktu masih analog, kami hanya dapat izin untuk tujuh kota. Tapi kini, O Channel bisa hadir bisa hadir menjangkau 70 persen sehingga lebih luas," bebernya. 

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.