Sukses

Jadi Pemegang Hak Siar Piala Dunia Qatar 2022, Ini Cara Emtek Group Hadapi Pembajakan Siaran

Begini jurus Emtek Group hadapi pembajakan pada penayangan Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 bakal berlangsung di Qatar pada 21 November-18 Desember 2022 dan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) resmi menjadi pemegang hak siar turnamen sepak bola akbar antarnegara yang berlangsung empat tahun sekali itu.

Emtek Group akan menayangkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 lewat stasiun televisi SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, dan Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

"Tahun ini, kami dengan bangga mempersembahkan FIFA World Cup 2022," ucap Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono pada jumpa pers yang berlangsung di SCTV Tower Lt 9, Senayan, Jakarta, Selasa (15/03/2022).

Menurut Sutanto, Piala Dunia kali ini merupakan sejarah baru karena Qatar menjadi negara pertama di Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Piala Dunia Qatar 2022 juga akan menjadi Piala Dunia kedua yang diadakan sepenuhnya di Asia setelah Korea Selatan dan Jepang.

"Ini juga pertama kalinya diadakan di akhir tahun untuk mengurangi dampak suhu panas di Qatar. Perbedaan waktu yang tidak terlalu besar dengan Indonesia, juga membuat jam tayang Piala Dunia 2022 berada di waktu yang strategis bagi Indonesia," tambah Sutanto.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adanya fitur-fitur menarik

Selain di tv, Emtek juga akan menayangkan Piala Dunia Qatar 2022 secara online melalui Vidio.com. Menariknya, Vidio bakal menayangkan FIFA World Cup 2022 secara lengkap, keseluruhan 64 pertandingan tersebut.

Tak hanya itu, nantinya juga akan terdapat fitur-fitur interaktif di Vidio.com yang mereflesikan suasana keseruan di stadion saat pertandingan berlangsung. Juga bakal terdapat grup chat di mana penonton bisa mengomentari secara langsung pertandingan yang tengah berlangsung.

Selain itu, akan ada polling berhadiah miliar rupiah dan hadiah-hadiah lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Emtek mengatasi pembajakan

Pembajakan menjadi salah satu masalah yang kerap muncul saat penayangan siaran Piala Dunia. Namun demikian, Sutanto mengklaim Emtek telah mengantisipasi hal tersebut.

"Tak hanya dapat mengidentifikasi saluran bajakan secara cepat, kita juga dapat support dari platform lain seperti Google, Telegram, dan lainnya."

Menurut dia, Emtek bisa meminta Telegram untuk take down link-link siaran bajakan yang kerap digunakan orang.

"Selain itu, saya percaya penonton Indonesia makin terdidik. Dengan adanya fitur-fitur dan pengalaman seperti menonton langsung di stadion, masa harus lewat bajakan?" cetusnya.

 

4 dari 4 halaman

Sekilas Piala Dunia Qatar

Piala Dunia Qatar 2022 sendiri bakal diikuti oleh 32 tim. Pertandingan akan berlangsung di delapan venue di lima kota yang ada di Qatar yaitu Al Khor, Ar Rayyan, Al Wakrah, Doha, dan Lusail.

Sebagai tuan rumah, Qatar mendapat kesempatan lolos ke putaran final. Sementara juara bertahan Prancis dipastikan bakal terbang ke Qatar setelah berhasil melewati babak kualifikasi dengan mulus. Piala Dunia 2022 juga akan diramaikan oleh timnas Belanda yang sempat absen di Piala Dunia Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.