Sukses

Genap 70 Tahun, KOI Ingin Indonesia Berperan Aktif di Kancah Olahraga Internasional

KOI ingin Indonesia bisa sukses secara prestasi dan lebih sering dipercaya jadi tuan rumah ajang olahraga internasional.

Liputan6.com, Jakarta- Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia merayakan ulang tahun ke-70 pada 11 Maret 2022. Perayaan HUT KOI dipusatkan di Jetski Indonesia Academy, Ancol, Jakarta, pada Sabtu (12/3/2022).

Perayaan HUT ke-70 KOI berlangsung sederhana dan protokol kesehatan ketat. Turut hadir 64 anggota federasi olahraga nasional dan satu anggota luar biasa. Ultah KOI ini juga dihibur penyanyi Wika Salim. Ketua KOI Raja Sapta Oktohari tak lupa memberikan santunan kepada 70 anak yatim-piatu.

Tema utama ulang ke-70 ini adalah "NOC Indonesia untuk Negeri Menembus Panggung Dunia”. KOI berharap olahraga Indonesia bisa terus berprestasi di dunia serta lebih sering lagi dipercaya menjadi tuan rumah event-event olahraga internasional.

“Kami berharap pada umur Komite Olimpiade Indonesia ke-70 tahun ini, kami para pengurus dapat membawa kejayaan olahraga Indonesia di pentas dunia sebagaimana tema kami, yakni NOC Indonesia untuk Negeri Menembus Panggung Dunia," ujar Okto.

"Kita menghimbau semua cabang olahraga agar aktif berkomunikasi baik di tingkat regional, maupun internasional agar bisa menjemput kegiatan-kegiatan olahraga agar bisa digelar Indonesia. Kita percaya diri Indonesia bisa menggelar event-event kelas dunia."

"Tema "NOC Indonesia untuk Negeri Menembus Panggung Dunia” bukan sekadar tema tp cita-cita yang kita laksanakan agar semua cabor-cabor lebih eksis di regional maupun dunia. NOC juga cukup proaktif dalam kegiatan organisasi dunia. Indonesia sangat pantas mengatur tata kelola organisasi olahraga bukan hanya follower tapi juga ikut sebagai pengambil kebijakan," lanjut Okto.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghargaan

Beberapa turnamen olahraga internasional yang dihelat di Indonesia pada 2022 dan 2023 antara lain Piala Dunia U-23, Piala Dunia Bola Basket 2023, Piala Asia Bola Basket 2022 hingga Kejuaraan Dunia Esports 2022.

Perayaan ulang tahun NOC Indonesia dilakukan setiap 11 Maret ada alasan sendiri. Ultah KOI ini berlangsung sesuai tanggal saat mendapat pengakuan resmi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui surat yang ditandatangani Kanselir IOC Otto Mayer pada 11 Maret 1952.

Pada perayaan HUT ke-70 ini, Okto juga mendapatkannya penghargaan dari Federasi Olahraga Hoki Asia. Penghargaan "Order of Merit" diserahkan langsung sekjen AHF Dato' Tayyab Ikram di Ancol. Penghargaan diberikan karena Okto dinilai telah berperan besar dalam perkembangan olahraga hoki di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Ucapan

NOC Indonesia juga mendapat banjir apresiasi atas peringatan ulang tahun ke-70 dari Komite Olimpiade Nasional (NOC) lain serta Federasi Internasional. Di antaranya NOC Filipina, Federasi Senam Internasional (FIG), International Esports Federation (IESF), serta Federasi Teqball Internasional (FITEQ).

“Selamat berbahagia untuk NOC Indonesia, saudara saya Raja Sapta Oktohari dan jajaran atas perayaan ulang tahun ke-70,” kata Presiden. NOC Filipina Abraham Tolentino.

Ucapan diutarakan Presiden Federasi Senam Internasional Morinari Watanabe, yang mengatakan “Saya mengucapkan Selamat untuk ulang tahun ke-70 NOC Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan populasi besar yang bisa menjadi potensi yang besar untuk mendapatkan medali di cabang olahraga senam di olimpiade. Saya berharap yang terbaik untuk NOC Indonesia. Selamat!”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.