Sukses

Pilihan Makanan yang Tepat Saat Covid-19, Apa Saja?

Mengonsumsi makanan yang tepat di tengah pandemi covid-19 cukup membantu mereka yang dinyatakan positif. Demikian dinyatakan Ahli Gizi, Toby Amidor.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang tepat di tengah pandemi covid-19 cukup membantu mereka yang dinyatakan positif. Demikian dinyatakan Ahli Gizi, Toby Amidor.

"Tidak ada bukti ilmiah yang membuat hubungan antara makanan dengan sistem kekebalan dan dapat mengurangi durasi COVID-19," kata Toby seperti dikutip dari Health.

"Tapi ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan respons yang baik untuk tubuh," katanya menambahkan.

Salah satu unsur yang penting dalam makanan adalah vitamin. Makanan yang mengandung vitamin D diketahui mejadi komponen kunci dari kekebalan tubuh.

Mikronutrien lainnya seperti vitamin C, B6, dan E juga telah dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Memperbanyak konsumsi buah-buahan menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan vitamin. Saat terinfeksi COVID-19, carilah makanan yang mengandung vitamin A, C, D, dan zinc yang tinggi.

Seperti tomat, kiwi, wortel, buah beri, ubi, brokoli, paprika, jamur, dan seterusnya. Meski tak memasok mikronutrien utama, namun makanan tersebut dapat menjaga tingkat energi seseorang untuk lebih stabil sepanjang hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protein

Selain itu, mikronutrien juga banyak terdapat di makanan yang merupakan sumber protein. Salah satunya adalah daging sapi.

"Banyak sumber protein yang mengandung mikronutrien. Daging sapi bisa membantu untuk kekebalan tubuh karena ada zinc-nya, dan ada kandungan proteinnya juga," kata Toby.

3 dari 3 halaman

Infografis Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.