Sukses

Menpora Amali Berharap Ikatan Guru Olahraga Nasional Bantu Percepatan Implementasi DBON

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali berharap kehadiran Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) menjadi energi baru dalam percepatan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah memiliki payung hukum Pe

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali berharap kehadiran Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) menjadi energi baru dalam percepatan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah memiliki payung hukum Perpres Nomor 86 Tahun 2021.

Menpora menyampaikan hal tersebut saat mengukuhkan Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi IGORNAS masa bakti 2021-2025 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022).

"Saya kukuhkan saudara-saudara sebagai Pengurus Pusat Ikatan Guru Olahraga Nasional dan Ketua Umum Ikatan Guru Olaharaga Nasional di tingkat provinsi seluruh Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kekuatan, Taufik dan Hidayah serta Inayahnya," kata Menpora Amali saat mengukuhkan.

"Saya punya harapan besar terhadap IGORNAS yang dikukuhkan hari ini. Jangan menunggu berhari-hari, tapi besok langsung bergerak di lapangan di posisi masing-masing, melaksanakan kegiatan dan aktivitas kongkrit. Karena pemerintah sangat berharap kehadiran IGORNAS menjadi semangat dan energi baru mempercepat implementasi DBON," jelasnya.

Sebab, lanjut Menpora Amali, Pemerintah telah menargetkan Indonesia berada di rangking lima besar dunia pada Olimpiade 2024.

"Target yang sangat ambisius, yang sangat butuh kerja keras kita semua dan elemen yang paling penting adalah guru olahraga di berbagai tingkatan sekolah. Tanpa kehadiran, dukungan, dan partisipasi aktif saudara-saudara, target yang sudah ditetapkan hanya menjadi mimpi yang kosong tanpa arti," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah IGORNAS

Pengukuhan pengurus IGORNAS ini berdasarkan surat keputusan nomor 001/SK-IGORNAS/VII/2021. Dikdik Setia Munardi, M.Pd dikukuhkan sebagai Ketua Umum PP IGORNAS. Jajaran pengurus lainnya mencakup Sekretaris Jenderal M. Taufik, S.Pd serta Bendahara Umum Ganjar Ramdani S., M.Pd.

Menpora Amali memastikan Kemenpora adalah rumah bagi IGORNAS, sehingga kapan saja dibutuhkan sinergitas dan konsultasi serta dukungan Kemenpora sangat terbuka dan siap bersinergi.

"Saya harap ini menajdi awal yang baik dan insya Allah akan menghasilkan prestasi yang gemilang serta kebugaran di tengah masyarakat untuk Indonesia yang lebih maju, Indonesia yang melahirkan generasi yang lebih tangguh dan bugar," harap Menpora Amali.

 

3 dari 4 halaman

Peran Aktif Guru Olahraga

Dalam sambutannya, Menpora Amali atas nama pemerintah dan khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik.

Menpora Amali menyampaikan Pemerintah bersama DPR RI telah mengesahkan Undang-undang Keolahragaan sebagai payung hukum berbagai kegiatan Keolahragaan di Tanah Air. Terutama untuk mengatur kegiatan olahraga mulai dari hulu yakni kebugaran masyarakat hingga hilir terkait olahraga prestasi.

"Oleh karena itu, dianggap sangat penting peran aktif saudara-saudara guru olahraga, baik berperan di hulunya untuk meningkatkan kebugaran masyarakat, khususnya para siswa dan siswi di Sekolah Dasar, Sekolah Menangah, dan bahkan sampai hilirnya tentang pembinaan prestasi," harapnya.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.