Sukses

WBC Tak Akui Kemenangan Tibo Monabesa, Sebut Pertandingan No Contest

Dewan Tinju Dunia (WBC) memutuskan tidak mengakui kemenangan petinju Indonesia, Tibo Monabesa atas petinju Jayson Vayson asal Filipina. WBC menilai pertandingan itu tidak fair.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Tinju Dunia (WBC) memutuskan tidak mengakui kemenangan petinju Indonesia, Tibo Monabesa atas petinju Jayson Vayson asal Filipina. WBC menilai pertandingan itu tidak fair.

Tibo Monabesa sebelumnya bertarung melawan Jayson di Holywings Gatsu Club, Jakarta, Minggu (27/2/2022). Pertarungan itu digelar untuk memperebutkan gelar juara WBC International kelas terbang ringan 48,9 kg.

Usai pertandingan, para juri memutuskan Tibo Monabesa menjadi pemenang. Hal inilah yang mengundang sorotan WBC.

Pasalnya, semua wasit berasal dari Indonesia. Dari data Boxrec, para juri yang bertugas adalah Rocky Joe, Ricardo Simanungkalit, dan Teguh Tambunan.

Semntara, wasit yangbertugas adalah Philipus Elungan.

"Komisi ofisial WBC telah mengkaji kembali pertandingan tibo melawan Jayson. Dari 10 juri yang mengevaluasi pertandingan itu memutuskan kemenangan untuk Jayson dengan selisih angka besar. Kata Presiden WBC, Mauricio Sulaiman dalam suratnya seperti dikutip dari Antara.

Surat itu sendiri tertju kepada Presiden Asosias Tinju Indonesia (ATI/IBA), Manahan Situmorang. Surat itu bertanggal 7 Maret 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diputuskan No Contest

Lebih lanjut WBC Memutuskan pertandingan itu No Contest. Itu artinya, tidak ada petinju yang didapuk sebagai pemenang.

WBC sendiri memberikan dua pilihan. Pertama, menerima keputusan tersebut, namun yang kedua menolak dan mempertahankan kemenagan Tibo Monabesa.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.