Sukses

Survei Nielsen: Fans Olahraga Kian Pengaruhi Pemegang Hak Siar dan Sponsor

Kegemaran fans menonton siaran olahraga diprediksi akan semakin memengaruhi model pensponsoran, distribusi konten, kebangkitan kripto, e-sport, dan olahraga wanita. Demikian dilaporkan Nielsen Sports dalam laporan terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta Kegemaran fans menonton siaran olahraga diprediksi akan semakin memengaruhi model pensponsoran, distribusi konten, kebangkitan kripto, e-sport, dan olahraga wanita. Demikian dilaporkan Nielsen Sports dalam laporan terbarunya.

Dalam laporannya, Nielsen menemukan 40,7% dari penggemar olahraga global kini melakukan streaming olahraga langsung melalui platform digital. Alhasil, ada peningkatan dalam hak media over-the-top (OTT) yang mencakup lonjakan sebesar 19% untuk liga sepak bola Eropa teratas selama dua tahun terakhir pada tingkat lokal.

Bukan hanya sepak bola, peningkatan itu juga diprediksi terjadi di cabang tenis khususnya di ATP Tour pada 2023 mendatang. Tak hanya itu, permintaan konten seperti video rekap dll. juga masih tinggi.

Nielsen memperkirakan bahwa 39,4% dari penggemar global akan menonton konten non-langsung yang terkait dengan acara olahraga yang ditayangkan langsung.

Direktur Utama International of Nielsen Sports, Marco Nazzari mengatakan, para penggemar olahraga kini menginginkan jenis konten baru lewat platform yang inovatif. Hal itu akan berdampak kepada pemegang hak siar dan sponsor.

"Maka hal ini akan berpengaruh pada bagaimana sebaiknya merek dan pemegang hak melakukan pendekatan terhadap keterlibatan audiens dan hasil pensponsoran," kata Marco.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenaikan Sponsor

Pilihan penggemar olahraga global terhadap platform digital berpengaruh kepada sisi sponsor. Diketahui, pensponsoran olahraga naik hingga 107% pada tahun 2021.

Selain itu, melalui analisis terhadap 100 pensponsoran pada tujuh pasar di 20 industri, Nielsen mendapati bahwa pensponsoran olahraga mendorong kenaikan niat pembelian sebesar 10% oleh penggemar.

3 dari 3 halaman

Peluang Monetisasi

Menurut Marco, peningkatan sponsor itu bisa menciptakan peluang monetisasi yang lebih variatif. Oleh karenanya, ia menilai penting bagi merek untuk memanfaatkan teknologi yang melibatkan para penggemar.

"Akan menjadi sangat penting bagi merek untuk memanfaatkan teknologi baru dan menggunakan platform digital untuk membuat berbagai strategi keterlibatan penggemar yang sebelumnya tidak ada dalam penyiaran linear. Kini, penggemar menjadi pemicu perubahan besar." katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.