PBESI Targetkan Esports Raih 5 Emas di SEA Games 2022

Oleh Liputan6.com pada 05 Mar 2022, 16:51 WIB
Diperbarui 05 Mar 2022, 18:01 WIB
Rakornas PBESI di Tangerang Selatan
Perbesar
Rakornas PBESI di Tangerang Selatan

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), kompleks BSD, Tangerang, Sabtu (5/3/2022). Sejumlah agenda penting dibahas asosiasi Esports tersebut. Termasuk target di SEA Games 2022.

Pembahasan dalam rakornas antara lain soal AD ART, regulasi, event nasional dan internasional, hingga fokus program esports yang akan dijalankan di tahun 2022. Program yang disiapkan, seperti event turnamen, akademi esports, penyediaan infrastruktur, dan lisensi serta partnership.

Selain dihadiri seluruh susunan kepengurusannya, PBESI juga membuat terobosan baru dengan menggandeng selebriti Tanah Air, seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, dan Ayu Dewi. Tiga publik figur itu didapuk sebagai duta esports.

Di tahun 2022, PBESI bersama Garudaku juga menyiapkan event esports nasional dan internasional. Turnamen tingkat nasional seperti Liga Esports Provinsi dan Liga Esports Indonesia.

Sementara itu, turnamen internasional adalah SEA Games dan World Esports Championship 2022 di Bali. Selain gelar turnamen, PBESI juga menyiapkan akademi esports yaitu Akademi Garudaku.

Akademi Garudaku adalah akademi resmi PBESI yang memiliki wewenang untuk sertifikasi dan lisensi cabor esports. Akademi ini memiliki beberapa program seperti turnamen pelajar dan mahasiswa hingga ekskul esports.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Target

Rakornas PBESI di Tangerang Selatan
Perbesar
Rakornas PBESI di Tangerang Selatan

“Akademi Garudaku muncul dari cita-cita mulia untuk menciptakan ekosistem esports Indonesia baru yang lebih positif dan edukatif. Dengan semangat kebersamaan dan yang hebat-henat di sini, kita harus bisa," terang Ketua Umum PBESI, Jenderal Pol. (P.) Prof. Budi Gunawan didampingi Ketua Harian, Bambang Sunarwibowo.

Selain event turnamen dan akademi esports, disediakan pula infrastruktur yang mendukung seperti platform esports Garudaku, Kartu Esports Indonesia, hingga Esports Hub yang menjadi pusat aktivitas esports.

Pada rakornas ini, PBESI juga menargetkan lima emas dalam SEA Games, 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam. Ajang ini digelar tahun ini setelah mengalami penundaan karena pandemi Covid-19.

"PBESI bersama asosiasi esports dan badan timnas esport nasional, Indonesia melakukan pemusatan latihan nasional. Dalam pelatnas ini melaksanakan misi jangka pendek, khususnya kita harapkan kita bisa memperoleh medali emas pada SEA Games 2022. Lalu misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategi PB Esport Indonesia guna meningkatkan kompetisi pelatih dan atlet hingga bertaraf internasional," paparnya.


Kejuaraan Dunia

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PB ESI Sandiaga Uni berharap Esports Indonesia sukses sebagai tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022.

Event akbar ini rencananya diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 20-27 November 2022. Bakal ada lebih dari satu juta atlet seluruh dunia yang akan mengikuti proses kualifikasi selama tiga bulan. Secara total, lebih dari 100 negara anggota IESF akan mengirimkan perwakilannya ke acara ini.

Menurutnya, sinergi yang telah dibangun menjadi awal dari rangkaian kerja sama positif untuk menaikkan kejayaan esports Indonesia hingga kancah dunia.

 


Atlet Usia Dini

IESF Esports World Championship Ke-14 2022 juga selaras dengan program desain besar PB Esports Indonesia yang mencakup pembinaan atlet usia dini dan pelaksanaan kompetisi berjenjang bagi atlet amatir dan profesional esports Indonesia. Indonesia memiliki tak kurang dari 45 juta pemain esports yang siap berpartisipasi di kejuaraan bertaraf internasional.

"Ini sekaligus bentuk dukungan PB Esports Indonesia terhadap program pemerintah untuk meningkatkan sports tourism. Acara ini diyakini dapat menjadi momen emas untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai destinasi pilihan bagi penyelenggaraan event kelas dunia sekaligus membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi Indonesia," kata Sandiaga yang juga sebagai Menparekraf.

"Lapangan kerja yang tercipta akan banyak. Semoga kita juga biasa juga di SEA Games bahkan hingga Olimpiade," tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya